Senin 06 Feb 2023 15:28 WIB

Nggak Pakai Obat, Bagaimana Cara Turunkan Demam Si Kecil?

Masyarakat diserukan untuk tak langsung memberi obat ketika anaknya demam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Anak demam (ilustrasi). Mengompres anak dengan air hangat dapat membantu meredakan demamnya.
Foto: republika/ yogi ardhi
Anak demam (ilustrasi). Mengompres anak dengan air hangat dapat membantu meredakan demamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan kembali melaporkan dua kasus baru gangguan ginjal akut di tahun 2023. Dua kasus tersebut terjadi setelah anak diberikan sirop obat pereda demam yang dibeli di apotek secara mandiri.

Munculnya kasus baru ini tentu memicu kekhawatiran di antara orang tua, apalagi jika sekarang si kecil sedang demam. Nah, sebelum langsung menggunakan obat sirop penurun panas, ayah dan bunda bisa mencoba cara-cara alami terlebih dahulu untuk menurunkan demam si kecil.

Baca Juga

Dilansir MedicineNet, Senin (6/2/2023), berikut delapan pengobatan rumahan yang direkomendasikan dokter bersertifikat Sruthi untuk membantu menurunkan demam tanpa obat.

1. Minum banyak air

Peningkatan suhu dalam tubuh mengakibatkan dehidrasi. Saat dehidrasi, seseorang mungkin merasa lebih hangat dan tidak nyaman. Jadi, langkah penting pertama adalah menjaga agar si kecil tetap terhidrasi.

Minum air dalam porsi kecil sesering mungkin akan membantu. Untuk anak-anak, beberapa sendok makan air setiap 10 menit akan memastikan bahwa mereka memiliki cairan yang cukup dalam tubuh mereka. Hidrasi membantu merasa nyaman dan mengurangi panas dalam tubuh.

2. Kompres dengan air hangat

Kompres adalah teknik yang sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi pada anak-anak dan orang dewasa yang terbaring di tempat tidur karena sakit. Untuk melakukannya Anda bisa memasukkan handuk atau sponge ke dalam air hangat lalu diperas, dan diletakkan di atas kening, dada, atau pergelangan tangan.

"Kalau demam, yang betul adalah kompres air hangat karena pori-pori di permukaan kulit akan membuka dan pembuluh darah akan melebar mengeluarkan panasnya," ujar dokter spesialis anak Devi Kristiani dalam diskusi media secara daring, dikutip dari Antara, Senin (6/2/2023).

Dr Devi menjelaskan, mengompres menggunakan air dingin hanya akan menutup pori. Itu malah membuat pembuluh darah menyempit.

photo
Mengompres anak demam. - (Republika)

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat adalah salah satu metode terbaik untuk menurunkan suhu tubuh. Mandi dengan air hangat dapat melemaskan otot-otot dan menenangkan tubuh. Hal ini juga mengurangi stres dan memberikan energi.

4. Vitamin C

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kekebalan tubuh. Minum jus lemon dengan air hangat adalah obat alami yang efektif untuk demam, serta pilek, flu, dan penyakit lainnya.

5. Makanan bergizi

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin, antioksidan, dan mineral sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, si kecil akan segera kembali bugar. Penting untuk menjaga agar perut tetap ringan selama demam karena sistem pencernaan melemah saat sakit.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement