Ahad 24 Dec 2023 16:35 WIB

Dokter Minta Orang Tua Waspadai Demam Anak Saat Tumbuh Gigi

Demam saat tumbuh gigi terjadi jika suhu tubuh tidak sampai 38 derajat Celsius.

Ilustrasi gigi susu pada anak.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi gigi susu pada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dokter gigi spesialis anak Ari Rosita Irmawati meminta orang tua agar mewaspadai demam pada anak saat tumbuh gigi. Pada perbincangan melalui daring yang diikuti dari Solo, Jawa Tengah, Rosita mengatakan pertumbuhan gigi pada bayi dimulai pada usia enam bulan.

Bahkan, beberapa diantaranya pertumbuhan gigi dimulai saat bayi masih berusia empat bulan. Ia mengatakan demam pada saat tumbuh gigi terjadi jika kenaikan suhu tidak sampai 38 derajat Celsius. Jika sudah lebih dari itu, orang tua harus waspada.

Baca Juga

"Kenaikan suhu sedikit, 37-37,5 derajat Celsius. Suhu bisa naik karena saat tumbuh gigi menembus tulang alveolar dan juga gusi. Pada proses ini gusi mengalami kemerahan dan mengalami peradangan karena gigi akan menembus. Dalam hal ini akan mengalami kenaikan suhu badan dan belum dikatakan demam karena kalau demam suhu belum mencapai 38 derajat Celsius," katanya, Ahad (24/12/2023).

Menurut dia, untuk mengetahui perbedaan tumbuh gigi dengan gejala lain maka orang tua harus lebih menyadari kondisi bayi, terutama ketika bayi mengalami demam kemudian tidak ada batuk dan pilek.

 

"Perlu dicek lagi di gigi, rongga mulut ada kemerahan atau tidak, termasuk di gusinya. Ada ngiler tidak atau keluar air liur secara tiba-tiba, sering mengusap gusinya, memasukkan alat atau benda ke dalam mulutnya," katanya.

Ia mengatakan jika tidak...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement