Rabu 22 Feb 2023 18:49 WIB

Berapa Lama Telur Layak Dimakan Setelah Dibeli?

Suhu yang tepat untuk membuat telur tetap segar adalah sekitar 4 derajat Celsius.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Telur memiliki masa simpan. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Telur memiliki masa simpan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur dianggap sebagai makanan super karena mengandung nutrisi padat yang kaya akan makro dan mikro esensial. Di dalam telur terdapat protein, asam lemak, omega-3, vitamin D, dan vitamin B12.

Telur bisa didapatkan dengan mudah di toko besar maupun kecil. Pada saat berbelanja bahan makanan, Anda pasti ingin memperoleh sekotak telur segar. Pertanyaannya, berapa lama telur tetap segar, dan bagaimana Anda tahu apakah telur sudah busuk atau tidak?

Baca Juga

Dilansir laman Eat This, Not That pada Selasa (21/2/2023), menurut US Department of Agriculture (USDA), telur memiliki umur simpan yang cukup lama. Setelah didinginkan pada suhu sekitar 4 derajat Celsius atau sedikit di bawahnya, telur mentah yang masih utuh dapat bertahan selama tiga hingga lima pekan. Namun, jam kesegarannya benar-benar dimulai bahkan sebelum didistribusikan ke toko bahan makanan.

Setiap karton yang dijual oleh toko kelontong besar dan kecil harus menyertakan tanggal pengemasan, tanggal terbaik, dan tanggal penjualan atau tanggal kedaluwarsa (EXP). Menurut USDA, yang dicatat oleh Reader Digest, mengonsumsi telur di luar tanggal kedaluwarsa terkadang masih aman, tetapi perlu diingat bahwa ini juga dapat memengaruhi kualitas rasanya.

Untuk mendapatkan telur paling segar, selalu pastikan untuk mengambil satu karton sebelum tanggal “best-by”. Tanggal EXP mencatat hari terakhir telus Anda diproyeksikan masih bagus.

Setelah melihat tanggal yang ada di kemasan karton telur, kini saatnya melihat visual dari telur. Buka dan periksa retakan pada cangkang telur sebelum memasukkan sekotak telur ke keranjang belanjaan. Bahkan jika Anda melihat retakan pada permukaan luar telur, anggap karton itu tidak dapat diselamatkan dan jangan dibawa pulang.

Isyarat visual lain yang menandakan kumpulan telur mentah yang buruk termasuk permukaan yang berlendir atau bertepung. Selain itu, Anda bisa menguji daya telur untuk memeriksa kesegarannya.

Masukkan telur mentah bersama cangkangnya ke dalam semangkuk air keran dingin. Kalau telur itu mengapung, kemungkinan itu adalah telur lama. Meskipun ini tidak berarti tak aman untuk dimakan, ada baiknya mencatat pengamatan ini sebelum menguji aromanya.

Mungkin tanda yang paling mudah dan paling jelas untuk mengetahui telur masih bagus atau tidak adalah dengan mencium baunya. Baik dimasak atau mentah, telur busuk memiliki bau menyengat seperti belerang. Jadi jika telur berbau aneh dan sudah melewati tanggal kedaluwarsa, inilah waktunya telur itu dibuang.

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk membantu mepertahankan kesegaran telur yang sudah Anda beli. Setelah mengambil telur dari toko, bawa pulang dan masukkan ke lemari es secepatnya. Jangan biarkan telur berada selama dua jam atau lebih pada suhu kamar.

Hindari meletakkan telur di pintu lemari es. Hal ini tidak hanya membuatnya rentan retak, tetapi area ini juga cenderung memiliki suhu yang sedikit lebih hangat di sebagian besar model lemari es, yang dapat mempercepat pemeraman sekaligus menurunkan kualitasnya.

Simpan telur di dalam kartonnya. Wadah ini dirancang untuk meminimalisasi kehilangan air dan mengurangi penyerapan rasa makanan lain di lemari es. Rasa makanan lain di lemari es dapat berdampak buruk pada kualitas rasa telur.

Untuk telur yang paling segar, Anda sebaiknya menyimpannya di bagian paling dingin di lemari es. Bagian ini cenderung berada di bagian belakang dekat termostat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, suhu yang tepat untuk membuat telur tetap segar adalah sekitar 4 derajat Celsius.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement