Rabu 22 Feb 2023 05:00 WIB

Dua Herbal Populer Ini Bisa Bantu Atasi Perut Buncit

Ukuran lingkar perut menjadi indikator ada atau tidaknya penumpukan lemak visceral.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Oregano. Kandungan carvacrol pada daun oregano tampak bisa mengurangi lemak visceral.
Foto: Wikimedia
Oregano. Kandungan carvacrol pada daun oregano tampak bisa mengurangi lemak visceral.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penumpukan lemak berlebih di dalam rongga perut atau lemak visceral kerap berkaitan dengan risiko beragam penyakit. Dua tanaman herbal yang populer dalam masakan, yaitu oregano dan peterseli, diketahui bisa membantu menurunkan lemak visceral.

Manfaat oregano dan peterseli ini diungkapkan dalam sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry. Studi ini menemukan bahwa kandungan carvacrol yang terdapat di dalam kedua tanaman herbal tersebut bisa mengurangi lemak pada tikus.

Baca Juga

Dalam studi ini, tim peneliti membagi tikus-tikus percobaan ke dalam tiga kelompok berbeda. Tikus pada kelompok pertama diberikan asupan makan yang normal, pada kelompok kedua diberikan asupan makan tinggi lemak, dan pada kelompok ketiga diberikan diet dengan suplementasi carvacrol sebesar 0,1 persen.

Hasil studi menunjukkan bahwa tikus pada kelompok ketiga tampak mengalami penurunan berat badan yang signifikan bila dibandingkan kelompok kedua. Selain itu, tikus-tikus pada kelompok ketiga juga mengalami penurunan lemak visceral dan kadar plasma lipid yang signifikan bila dibandingkan dengan kelompok kedua.

"Temuan baru yang besar dari percobaan kami adalah carvacrol bisa mencegah obesitas pada tikus yang mendapatkan diet tinggi lemak dengan cara mengurangi berat badan, berat lemak visceral, serta menurunkan kadar plasma lipid," jelas tim peneliti, seperti dilansir Express, Selasa (21/2/2023).

Terkait konsumsi oregano, ada beragam cara yang bisa dilakukan. Salah satu yang direkomendasikan oleh tim peneliti adalah menggunakan minyak oregano dalam makanan yang hendak dikonsumsi.

Studi berbeda yang dipublikasikan pada Journal of Home Economics juga kembali menyorot manfaat konsumsi peterseli dalam menurunkan lemak visceral. Studi yang melibatkan 150 wanita ini menemukan bahwa konsumsi peterseli tampak berkaitan dengan penurunan berat badan serta indeks massa tubuh, serta peningkatan aktivitas enzim antioksidan pada partisipan yang kegemukan atau obesitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement