Kamis 18 May 2023 19:50 WIB

Perut Membuncit Bisa Jadi Gejala Kanker Hati, Keluhan Apa Lagi yang Terasa Selain Itu?

Semakin cepat gejalanya terdeteksi, semakin cepat kanker hati bisa ditangani.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut sebelah kiri (Ilustrasi). Benjolan di sisi kanan perut dapat menjadi gejala kanker hati.
Foto: Republika/Prayogi
Sakit perut sebelah kiri (Ilustrasi). Benjolan di sisi kanan perut dapat menjadi gejala kanker hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker hati termasuk jenis kanker yang perlu diwaspadai. Mengutip data Globocan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkap bahwa pada 2019, jumlah kasus kanker hati di Indonesia menempati posisi tertinggi kedua untuk pasien laki laki.

Angka kejadian kanker hati di antara para pria sebesar 12,4 per 100 ribu penduduk, dengan rata-rata kematian 7,6 per 100 ribu penduduk. Seperti halnya penyakit apa pun, semakin cepat gejala kanker hati terdeteksi, semakin cepat kondisi tersebut bisa ditangani.

Baca Juga

Pada tahap awal, kanker hati sering kali tidak menunjukkan gejala. Namun, menurut Cancer Research UK, ada tiga kondisi perut yang bisa menjadi tanda kanker hati, yakni perut menjadi buncit, terasa nyeri, dan ada benjolan di sisi kanan perut.

"Temui dokter jika Anda memiliki gejala-gejala ini," kata badan amal tersebut, dikutip dari laman Express, Kamis (18/5/2023).

Cancer Research UK menjelaskan alasan kanker hati dapat memengaruhi perut. Kondisi perut yang membuncit atau mengalami pembengkakan kemungkinan terjadi karena hati menjadi lebih besar akibat sel kanker yang terus tumbuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement