Senin 20 Feb 2023 21:04 WIB

Atasi Trauma Kekerasan Seksual, Anak Butuh Intervensi Berkala

Korban kekerasan seksual mengalami dampak psikologis jangka panjang.

Remaja depresi (Ilustrasi). Pemulihan dari peristiwa kekerasan seksual sebaiknya dilakukan oleh psikolog klinis yang dapat dibantu juga oleh konselor yang terlatih.
Foto: Pxhere
Remaja depresi (Ilustrasi). Pemulihan dari peristiwa kekerasan seksual sebaiknya dilakukan oleh psikolog klinis yang dapat dibantu juga oleh konselor yang terlatih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog klinis Feka Angge Pramita mengatakan anak yang menjadi korban kekerasan seksual membutuhkan intervensi secara berkala. Dengan begitu, trauma atas pengalaman negatifnya dapat teratasi.

"Bagi korban yang dirasakan adalah dampak psikologis jangka panjang sehingga membutuhkan intervensi secara berkala hingga pengalaman yang dirasakan negatif tersebut teratasi traumanya," kata dia melalui pesan elektroniknya kepada Antara di Jakarta, Ahad (19/2/2023).

Baca Juga

Feka yang menamatkan studi di Universitas Indonesia mengatakan pengalaman merupakan memori dan begitu juga trauma yang merupakan gabungan dari memori dan emosi. Oleh karena itu, intervensi yang dilakukan sebaiknya membantu anak pulih secara emosi dari memori yang diingat atas kejadian tersebut.

Menurut Feka, pemulihan dari peristiwa kekerasan seksual sebaiknya dilakukan oleh psikolog klinis yang dapat dibantu juga oleh konselor yang terlatih. Pemulihan ini pun mungkin saja tidak bagi korban, tapi juga bagi keluarga.

Oleh karena itu, orang tua hendaknya berperan dalam komunikasi dan waktu yang baik dengan anak. Sementara pada anak, sangat diperlukan ada keterbukaan dan komunikasi dengan orangtua.

Upaya membangun komunikasi ini antara lain dengan bermain bersama anak, meluangkan waktu pagi rutin bersama, mengobrol bersama, dan ikut bermain dalam permainan yang dimainkan anak. Pada remaja, ayah dan ibu sebaiknya mengetahui kesukaan anak mereka dan mengikuti cerita atau perkembangan mereka.

"Anak tidak hanya membutuhkan kualitas tapi juga kuantitas, jadi luangkan waktu sebanyak mungkin dengan anak," kata Feka yang tergabung dalam Ikatan Psikolog Klinis Indonesia wilayah DKI Jakarta itu.

Penanganan Pelaku Kejahatan Seksual

Di sisi lain, pelaku juga sangat perlu mendapatkan intervensi, termasuk konseling dan edukasi, bahwa kekerasan dalam bentuk apapun merupakan perbuatan tak baik. Feka mengingatkan pelaku kekerasan seksual tidak hanya orang yang tidak kenal, bahkan sering kali sosok yang sudah dikenal anak.

Feka menyarankan orang tua perlu mengajari anak menganalisis situasi tak lazim. Salah satunya ketika ada orang dewasa meminta anak tak melaporkan situasi tidak lazim.

Menurut Feka, ketika ada orang dewasa yang berada di dekat anak meminta mereka untuk tidak bercerita atau melapor ke orang tua maka itu contoh situasi yang tidak lazim. Sementara itu, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mencatat sebanyak 10 kasus kekerasan seksual terhadap anak terjadi di satuan pendidik baik yang berasrama maupun tidak, selama Januari hingga 18 Februari 2023.

Sebanyak sembilan kasus sudah dilaporkan ke kepolisian, sedangkan satu kasus di Gunung Kidul diselesaikan dengan memindahkan kelas mengajar dan mengurangi jam mengajar oknum guru pelaku. Ketua Dewan Pakar PSGI Retno Listyarti berpendapat hukuman semacam itu tidak mempertimbangkan kondisi psikologis korban yang masih bersekolah di sekolah itu dan kemungkinan besar setiap hari bertemu oknum guru pelaku di lingkungan sekolah.

"Sementara guru pelaku tetap berpotensi melakukan hal yang sama tapi pada anak yang lain. Keputusan hukuman semacam itu tidak akan menimbulkan efek jera pada pelaku dan tidak berpresfektif melindungi anak di lingkungan sekolah," kata Retno melalui keterangan tertulisnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement