Rabu 15 Feb 2023 22:51 WIB

Warna Lipstik yang 'Salah' Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

Sentuhan akhir lipstik tertentu dinilai dapat menekankan seberapa tua seseorang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Warna lipstik yang salah bisa membuat wajah tampak lebih tua. (ilustrasi)
Foto: Republika
Warna lipstik yang salah bisa membuat wajah tampak lebih tua. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan merupakan proses alami yang dialami setiap orang. Namun jika ingin mencoba tampil lebih muda, maka Anda perlu memiliki tata rias dan keterampilan tepat agar dapat membantu berdandan awet muda.

Banyak jenama dan jenis kosmetik untuk dipilih. Sulit untuk mengetahui mana yang baik untuk memulai. Tetapi para ahli mengatakan, ada jenis lipstik yang dapat memberi kesan muda serta mencerahkan warna kulit.

Baca Juga

Pada saat yang sama, jenis kosmetik yang salah dapat membuat kerutan tampak lebih menonjol, mengeringkan bibir, serta membuat wajah terlihat lebih tua. Untuk membantu menghindari kesalahan pemilihan warna lipstik, Youtuber dan penata rias Ali Andrea menguraikan jenis yang cocok untuk wanita dewasa tua dan apa saja warna yang dapat memberi efek tua.

Dia mengatakan, warna dan sentuhan akhir lipstik tertentu dapat menekankan seberapa tua seseorang. Wanita yang khawatir terlihat lebih tua harus menghindari warna mengilap.

“Bagi saya, itu akan menjadi lipstik beku. Saya tidak akan terlihat bagus dengan itu. Tidak ada orang yang terlihat bagus dengan ini?,” ujar Andrea dilansir Daily Record, Rabu (15/2/2023).

Dia mengatakan, kebanyakan orang tidak akan setuju dengannya. Baginya, lipstik berwarna krem ​​​​dengan kilau halus atau glitter tampak tidak bagus terutama pada bibir dewasa.

“Bagi saya, lipstik metalik tidak boleh. Bibir saya terlihat seperti telah merokok selama 20 tahun. Ini bukan tentang warnanya, tapi itu menonjolkan kerutan alami yang kita miliki di bibir kita,” jelas Andrea.

Meskipun ahli merekomendasikan untuk menghindari apa pun dengan hasil akhir yang mengilap, tetapi melengkapi tampilan dengan kilap sederhana adalah cara yang bagus untuk menambah kilau pada bibir.

Dalam hal warna bibir yang ideal, bibir tanpa sentuhan apapun selalu merupakan cara yang baik. Namun seiring bertambahnya usia, Andrea menyarankan untuk menerapkan sedikit warna merah jambu atau persik serta sedikit kilau di area bibir.

Ahli kecantikan lainnya juga menyarankan untuk memakai warna nude pink yang sedikit lebih gelap dari warna alami bibir, dengan rona ungu, merah, atau persik, yang akan membuat kulit terlihat lebih sehat. Andrea mengatakan, untuk bibir nude yang terang, Anda bisa menggunakan warna yang lebih terang di seluruh bibir lalu gunakan lipstik merah muda yang lebih gelap di atasnya. Dia juga merekomendasikan untuk mengoleskan warna yang lebih gelap ke bagian tengah bibir, dan sedikit di busur tengah untuk tampilan yang lebih hidup.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement