Rabu 15 Feb 2023 04:58 WIB

Pakaian di Koper Lecek Ketika Bepergian, Begini Cara Gampang Mengatasinya

Beberapa pakar memaparkan beberapa cara sederhana agar pakaian bebas lecek.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Cara agar pakaian tidak lecek ketika dimasukkan ke koper saat bepergian. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Cara agar pakaian tidak lecek ketika dimasukkan ke koper saat bepergian. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan perjalanan dan menyimpan baju di koper dapat membuat beberapa baju terlihat kusut. Ketika bepergian, pakaian kusut adalah salah satu hal paling umum yang dihadapi setiap orang, apalagi bagi mereka yang mengemasi koper sampai penuh.

Namun tak perlu khawatir, dilansir laman Best Life, Selasa (14/2/2023), beberapa pakar memaparkan beberapa cara sederhana agar pakaian bebas kusut selama berada di dalam koper.

Baca Juga

1. Gulung dan buntal pakaian

Tips ini mungkin sudah pernah didengar banyak orang, lebih baik menggulung daripada melipat baju. Tapi tidak sesederhana itu.

Untuk barang-barang seperti celana panjang, t-shirt, blus, dan gaun, mulailah dengan meletakkan barang itu secara mendatar di atas permukaan, lalu lipat setiap sisinya ke arah tengah. “Gulung dari bawah ke atas sampai Anda mencapai garis leher,” kata pakar perjalanan yang juga desainer tekstil di Leather Skin Shop, John Smith.

Pakar perjalanan lainnya dan pendiri Aqua Surf, Allen King, juga menggunakan apa yang dia sebut metode bundle wrap untuk mengemas barang-barang yang digulung. Cara mengemas ini dimulai dengan pakaian yang paling tidak mudah kusut di bagian tengah koper, dan pakaian yang paling mudah kusut berakhir di bagian paling atas.

“Pada dasarnya Anda membuat tumpukan pakaian yang tidak memungkinkan banyak gerakan di dalam koper, yang menyebabkan sebagian besar kerutan,” kata dia. Selalu letakkan barang-barang yang lebih berat di bagian bawah koper agar tidak menghancurkan barang-barang yang lebih ringan.

2. Lipat pakaian secara massal

Jika menggulung bukan cara yang mudah, Smith suka melipat beberapa potong pakaian menjadi satu untuk mengurangi kerutan. “Untuk celana, lipat menjadi setengah panjang dengan satu kaki di atas yang lain dan kemudian lipat menjadi tiga. Untuk t-shirt dan blus, susun beberapa bagian untuk mengurangi jumlah lipatan yang diperlukan,” ujar Smith.

3. Batasi pakaian dengan lapisan tisu

Apakah itu menggulung atau melipat, beberapa ahli menyarankan untuk meletakkan kertas tisu di antara pakaian. Pendiri dan CEO Air Advisor, Anton Radchenko, menjelaskan bahwa gesekan adalah penyebab paling banyak kerutan, dan meletakkan lapisan tisu yang halus di antara pakaian itu dapat mencegahnya.

“Tempatkan tisu di dalam bagian lengan kemeja tangan panjang, dan lipat lembaran tisu tambahan di bagian atas dan di antaranya,” kata dia. Untuk perlindungan kerutan yang lebih banyak lagi, ia menyarankan untuk melapisi tepi koper dengan kertas tisu juga.

4. Gunakan kantong dry-cleaning

Kantong dry-cleaning plastik yang sederhana sangat bermanfaat dalam melindungi pakaian dari kusut. Bahan plastik yang digunakan dalam kantong dry-cleaning membantu menjaga kelembapan dari pakaian, memerangkap panas, dan mencegahnya berubah bentuk saat disimpan.

“Ini sangat berguna untuk kain halus seperti sutra dan linen. Plus, itu juga mengurangi gesekan antarpakaian,” kata Co-founder blog perjalanan That Florida Life, Liz Smith.

5. Bawa sebotol semprotan antikusut

Semprotan antikusut adalah cara yang cepat, mudah, dan murah, untuk menghilangkan kerutan saat tidak memiliki akses ke setrika atau steamer. Ketika tiba di kamar hotel, letakkan pakaian di permukaan yang rata. Arahkan botol antikusut sejauh delapan inci dari kain, dan semprotkan dengan gerakan menyapu, berhati-hatilah agar tidak membasahi pakaian.

Gunakan lebih banyak semprotan pada kain yang lebih tebal atau lebih kusut. Tarik perlahan dan ratakan kerutannya. Gantung pakaian hingga kering. "Sebagai bonus, pakaian juga akan wangi,” kata pendiri Salty Endeavours Scuba Center, Henry Schultz.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement