Rabu 15 Feb 2023 17:00 WIB

Jalan Kaki 1 Jam Tiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan Hingga 3 Kilogram

Jalan kaki sering dianggap sebagai olahraga remeh, padahal banyak manfaat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Berjalan kaki satu jam setiap hari dapat turunkan berat badan hingga tiga kilogram. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Berjalan kaki satu jam setiap hari dapat turunkan berat badan hingga tiga kilogram. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang berjuang untuk mendapatkan tubuh ideal. Selain menjaga pola makan, cara lain yang dilakukan adalah olahraga secara rutin.

Pelatih kebugaran Simran Valecha membagikan salah satu tip mudah untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu berjalan selama satu jam per hari. Menurut dia, menggerakkan tubuh setiap hari tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi membantu hidup lebih lama dan sehat.

Baca Juga

Dia mengatakan kehilangan berat badan dua hingga tiga kilogram setiap bulan tidak sulit. "Jangan hanya berfokus pada kadar karbohidrat atau asupan gula. Anda masih bisa makan semuanya tetapi harus membuat defisit kalori 200-300 kalori setiap hari,” kata Valecha dilansir Indian Express, Rabu (15/2/2023).

Co-founder Fitpathshala, Rachit Dua, mengatakan, defisit kalori adalah ketika seseorang makan lebih sedikit dari biasanya. Artinya, orang tersebut menurunkan jumlah kalori.

 

“Namun, seseorang harus memastikan bahwa mereka makan di atas tingkat laju metabolisme basal (BMR). Selain itu, perlu asupan protein yang cukup untuk mencegah pengeroposan otot,” ujarnya.

Jalan kaki sering dianggap sebagai olahraga remeh. Padahal, jalan kaki dapat berkontribusi banyak dalam meningkatkan tingkat kebugaran secara umum.

“Satu jam berjalan kaki yang setara dengan 5.500-6.500 langkah dan bergantung pada kecepatan berjalan, menjadi cara termudah dan paling hemat untuk meningkatkan kesehatan secara umum,” kata dia.

Jalan kaki dapat membakar lemak tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi tingkat stres. Anda bisa menggunakan jam tangan pelacak langkah yang dapat membantu melacak langkah.

Berjalan tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki manfaat lain. Manfaat tersebut di antaranya menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan tekanan darah.

Ahli diet Garima Goyal mengatakan, jalan kaki mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.  “Berjalan adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot-otot tubuh seperti paha belakang, bokong, paha depan, betis, dan otot inti, tergantung pada berbagai faktor seperti kecepatan berjalan atau tanjakan,” kata Goyal.

Goyal mengatakan, bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, defisit kalori 500 kalori sudah cukup untuk menurunkan 0,45 kilogram per pekan. “Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang bagus. Selain membantu Anda menurunkan berat badan juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement