Senin 13 Feb 2023 16:41 WIB

Perempuan Ini Terjangkit Infeksi yang Mengancam Jiwa Gara-Gara Ikat Rambut

Perempuan itu mengenakan ikat rambut di pergelangan tangannya saat tidak digunakan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Karet rambut. Mengikat karet rambut di pergelangan tangan bisa membahayakan kesehatan.
Foto:

Patogen yang bertanggung jawab atas jenis infeksi ini adalah virus, bakteri, jamur, dan parasit yang berada di permukaan kulit. Menurut dr Fisher, agen penyebab penyakit ini menghasilkan racun dan terkadang sepsis.

"Sepsis terjadi ketika tubuh bereaksi terlalu kuat terhadap infeksi, tidak hanya melawan bakteri tetapi juga jaringan Anda sendiri," kata dia.

Setiap infeksi bakteri memiliki peluang untuk menjadi septik, namun ada beberapa kelompok yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Ini termasuk mereka yang mengidap diabetes, orang yang baru saja menjalani operasi atau penyakit serius, serta mereka yang berusia di atas 75 tahun.

Ikat rambut bukan satu-satunya benda yang bisa menyebabkan infeksi seperti yang dialami Kopp. Anting dan cincin pada jari juga dapat menyebabkan masalah karena kontak dengan kulit.

"Benda-benda yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan lecet pada kulit, membuka pintu masuk bagi bakteri yang mungkin ada pada benda tersebut, terutama ikat rambut," kata dr Fisher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement