Kamis 19 Jan 2023 05:03 WIB

Minuman yang Bisa Memperparah Kerontokan Rambut

Setiap orang akan mengalami kerontokan antara 50-100 helai rambut setiap harinya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Minuman yang bisa memperparah kerontokan rambut, salah satunya soda. (ilustrasi)
Foto: PxHere
Minuman yang bisa memperparah kerontokan rambut, salah satunya soda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut rontok merupakan hal normal yang terjadi pada setiap orang. Menurut para ahli, setiap orang akan mengalami kerontokan antara 50-100 helai rambut setiap harinya. Jika jumlahnya lebih dari itu, berarti ada masalah besar.

Para ahli rambut mengatakan, selain masalah keturunan, masalah kekurangan nutrisi atau masalah hormonal dapat memicu kerontokan rambut. Ada juga beberapa alasan lain untuk kerontokan rambut termasuk konsumsi minuman yang berisiko menyebabkan kebotakan.

Baca Juga

Dilansir Times Now News, Rabu (18/1/2023), berikut adalah beberapa minuman yang bisa memicu kerontokan rambut:

1. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak disukai banyak orang di berbagai negara. Meskipun kopi dapat memberikan dorongan energi, kopi dapat memberikan dampak serius pada rambut.

Menurut para ahli, kafein yang terkandung dalam kopi bisa memberikan tekanan pada kadar zat besi Anda yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kopi mengandung sekitar 4,6 persen tanin.

2. Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan kekurangan atau malabsorpsi nutrisi penting dalam tubuh. Khususnya, kekurangan zinc, atau protein dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah, yang bahkan dapat menyebabkan kebotakan.

Kebanyakan orang yang minum alkohol juga tidak mengonsumsi makanan yang tepat dan tidak akan mendapatkan nutrisi karena pola makan yang buruk. Alkohol juga mengganggu cara tubuh memproses dan menggunakan makanan selama pencernaan.

3. Soda

Soda adalah minuman pesta yang mungkin Anda nikmati sesekali. Namun, minuman ini cukup berbahaya bagi kesehatan karena mengandung gula berlebih yang menimbulkan risiko kesehatan.

Minuman berkarbonasi itu juga sangat berbahaya bagi rambut. Pasalnya, soda berinteraksi dengan insulin dalam darah dan membuatnya kurang responsif terhadap gula. Hal ini menyebabkan peningkatan gula dalam aliran darah, yang kemudian akan menghambat sirkulasi darah dan menurunkan pasokan nutrisi ke folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

4. Susu

Produk susu selalu dianggap sebagai makanan bergizi untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, produk susu mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Menurut para ahli rambut, kadar testosteron yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut. Produk susu juga cenderung meningkatkan masalah kerontokan rambut Anda jika Anda sudah rentan terhadap masalah yang berhubungan dengan kulit seperti eksim, psoriasis, atau ketombe.

Lantas apa minuman sehat yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut?

Alih-alih mengonsumsi minuman bersoda dan alkohol, Anda lebih baik menggantinya dengan minuman sehat dan kaya nutrisi yang tidak hanya membantu menghentikan kerontokan rambut, tetapi juga memperkuat folikel dan akar rambut. Berikut adalah daftar beberapa minuman alami yang harus Anda coba:

1. Amla atau jus gooseberry

Amla termasuk superfood yang sarat dengan vitamin C dan dianggap sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini memiliki antioksidan kuat yang mencegah kerusakan sel dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

2. Jus wortel

Wortel adalah sumber Vitamin A, E, dan B serta antioksidan yang membantu pertumbuhan rambut dan mencegah uban dini pada rambut.

3. Jus lidah buaya

Lidah buaya membantu menjaga kulit serta rambut kita tetap bugar dan sehat. Mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan membantu kita mendapatkan rambut yang kuat dan berkilau.

4. Jus bayam

Bayam kaya akan zat besi dan biotin, dimana keduanya membantu meningkatkan suplai oksigen ke jaringan, termasuk folikel rambut. Bayam juga mengandung senyawa lain, Ferritin, yang dianggap sama pentingnya untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement