Rabu 18 Jan 2023 13:54 WIB

Minum Kopi Saat Perut Kosong? Pertimbangkan Ini Dulu Sebelum 'Menyesal'

Kopi memiliki banyak manfaat, namun bolehkah minum kopi saat perut kosong?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bolehkah minum kopi saat perut kosong? (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Bolehkah minum kopi saat perut kosong? (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, bangun tidur dengan secangkir kopi panas menjadi rutinitas yang menenangkan. Kopi memberikan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa, namun bolehkah minum kopi saat perut kosong?

Dilansir laman Eat This Not That, Rabu (18/1/2023), salah satu argumen umum untuk menghindari kopi pada pagi hari berkaitan dengan efeknya pada produksi kortisol (hormon stres). Tingkat kortisol dalam tubuh mengalami pasang surut dalam siklus alami sepanjang hari, dengan tingkat memuncak tepat saat Anda bangun.

Baca Juga

Kafein dapat menyebabkan peningkatan kortisol. Jadi, meminumnya saat kortisol sudah tinggi berpotensi menyebabkan tingkat hormon stres yang tidak sehat. Meski begitu, para peneliti menemukan bahwa orang yang secara teratur minum kopi mengalami peningkatan kortisol yang jauh lebih kecil dari kafein, dengan waktu dalam sehari membuat sedikit atau tidak ada perbedaan. Plus, peningkatan kecil ini hanya bersifat sementara dan tidak mungkin menyebabkan efek kesehatan jangka panjang.

Alasan terbesar Anda mungkin ingin menunggu sampai setelah sarapan untuk minum secangkir kopi berkaitan dengan perut. Sementara secangkir kopi yang menenangkan itu terasa nikmat, kebanyakan dari kita sangat menantikan sentakan kafein yang diberikannya kepada kita.

"Kafein merangsang hormon yang disebut gastrin, yang memberi tahu perut Anda untuk melepaskan asam klorida (asam lambung)," ujar ahli diet terdaftar di Mackenthun's Fine Foods, Andrew Akhaphong.

Meskipun kopi dapat meningkatkan asam yang dihasilkan lambung, kopi juga dapat menurunkan tekanan sfingter esofagus bagian bawah (sfingter di antara perut dan kerongkongan). Mengurangi tekanan sfingter esofagus bagian bawah dapat menyebabkan refluks asam karena asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Gejala refluks asam meliputi sensasi terbakar di dada, rasa asam atau pahit, kesulitan menelan, atau memuntahkan sedikit makanan atau cairan.

Bahkan jika tetap minum kopi tanpa kafein, Anda mungkin masih belum jelas, bergantung pada kepekaan perut Anda. Selama penghilangan kafein, beberapa asam dikeluarkan dari kopi, mengurangi jumlah asam yang dihasilkan perut Anda.

Bagi orang yang sangat sensitif atau memiliki refluks asam yang lebih parah, bahkan minum kopi tanpa kafein sebelum makan dapat meningkatkan risiko sakit perut. Akhapong mengatakan, mengonsumsi makanan yang kaya serat sebelum menikmati kopi dapat membantu menyerap kelebihan asam klorida, melindungi perut dari mulas, dan mengurangi risiko maag. Jika Anda membutuhkan inspirasi, cobalah salah satu dari sarapan berserat tinggi ini untuk mengisi perut sebelum meminum secangkir kopi pertama.

Ini bukan berarti Anda tidak akan bisa minum kopi dengan perut kosong. Faktanya, efek ini mungkin tidak muncul pada semua orang. 

Meski begitu, penting untuk memperhatikan bagaimana perasaan tubuh setelah minum kopi dengan perut kosong. Jika Anda merasakan salah satu dari sakit perut atau gejala refluks asam ini, sebaiknya konsumsi sarapan seimbang sebelum memanjakan diri pada pagi hari secangkir kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement