Rabu 25 Jan 2023 05:00 WIB

Minum Kopi Bisa Hilangkan Lemak Visceral, Tapi ...

Lemak visceral merupakan lemak yang disimpan di bagian perut.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi (ilustrasi). Klaim kopi dapat mengurangi lemak visceral diperkuat dengan beberapa temuan studi.
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi). Klaim kopi dapat mengurangi lemak visceral diperkuat dengan beberapa temuan studi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang mempunyai lemak visceral, yakni lemak yang disimpan di bagian perut. Lemak tersebut berfungsi untuk melindungi organ.

Namun, kadar lemak visceral yang berlebih berpotensi mengancam jiwa, termasuk risiko mengembangkan diabetes dan kanker. Banyak yang tidak sadar, penyebab utama penumpukan lemak visceral adalah mengonsumsi makanan berlemak berlebih dan kurang berolahraga.

Baca Juga

Oleh karena itu, perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mengurangi lemak perut. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memasukkan kopi ke dalam rutinitas harian Anda.

Ahli diet di JustCBD, Nataly Komova mengatakan, kafein dalam kopi membantu meningkatkan termogenesis. Proses produksi panas ini memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori.

 

"Namun, saya menyarankan Anda untuk mengonsumsi kopi secukupnya, sebab jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan sakit kepala, detak jantung cepat, gugup, susah tidur, dan tremor otot," kata Komova, dilansir Express, Selasa (24/1/2023).

Klaim kopi dapat mengurangi lemak visceral juga diperkuat dengan beberapa temuan studi. Salah satu studi yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada 2019 mengungkapkan kafein dapat meningkatkan pengurangan lemak.

Dari 600 peserta yang berpartisipasi, ditemukan setiap kali seseorang menggandakan asupan kafein, indeks massa tubuh (BMI) dan lemak tubuhnya berkurang. Penelitian terpisah yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada 2020 menemukan empat cangkir kopi sehari dapat mengurangi lemak tubuh hingga empat persen.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement