Selasa 24 Jan 2023 19:05 WIB

Minuman yang Perlu Dihindari Jika Gugup Naik Pesawat, Bisa Bikin Tambah Cemas

Minuman populer ini akan meningkatkan kecemasan Anda saat naik pesawat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Minuman populer yang sebaiknya tak diminum sebelum naik pesawat. (ilustrasi)
Foto: Pexels
Minuman populer yang sebaiknya tak diminum sebelum naik pesawat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikmati kopi merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan penumpang di bandara saat menunggu jadwal keberangkatan mereka. Meski bisa menyegarkan, minum kopi sebelum naik pesawat ternyata kurang begitu dianjurkan.

Hal ini diungkapkan oleh seorang pramugari dari maskapai Virgin Australia, Sarah Goodwin. Goodwin menganjurkan para penumpang untuk tak meminum kopi atau minuman berkafein lainnya sebelum terbang dengan pesawat, terlebih apabila penumpang tersebut kerap merasa gugup saat terbang.

Baca Juga

"Coba untuk tak mengonsumsi sesuatu yang berkaitan dengan kafein karena itu bisa meningkatkan kecemasan Anda, dan membuat Anda lebih gugup serta gelisah," jelas Goodwin, seperti dilansir laman Mirror, Selasa (24/1/2023).

Tak hanya itu, Goodwin mengungkapkan bahwa minuman berkafein bisa memberikan efek serupa seperti minuman beralkohol bila dikonsumsi sebelum melakukan penerbangan. Sebagai contoh, kedua jenis minuman ini dapat memberikan efek dehidrasi yang akan membuat penumpang menjadi lebih banyak minum.

 

Meningkatnya frekuensi minum bisa membuat penumpang bolak-balik ke toilet untuk berkemih selama di pesawat. Hal ini bisa memunculkan rasa tidak nyaman, terlebih bila penumpang duduk di kursi tengah selama penerbangan berlangsung.

Efek lain yang bisa ditimbulkan oleh minuman berkafein adalah sakit kepala dan insomnia. Kedua keluhan ini juga dapat memunculkan ketidaknyamanan selama penerbangan.

Pramugari lain, Kat Kamalani, juga menganjurkan penumpang pesawat untuk tak meminum kopi atau teh selama penerbangan. Kamalani mengatakan banyak pramugari yang juga menghindari minuman teh atau kopi saat melakukan penerbangan.

"Tanyakan kepada pramugari, kami jarang, jarang sekali minum teh atau kopi (yang dibuat di dalam pesawat)," ujar Kamalani.

Alasan yang membuat Kamalani dan banyak pramugari lain enggan meminum kopi atau teh di pesawat adalah sumber airnya. Kalani mengatakan minuman kopi atau teh yang disajikan selama penerbangan biasanya dibuat dengan air yang berasal dari tangki air pesawat. Padahal, tangki air di pesawat cenderung jarang dibersihkan.

Selain itu, mesin kopi di dalam pesawat juga jarang dibersihkan. Biasanya, mesin kopi baru dibersihkan bila mengalami kerusakan. Tak jarang, mesin kopi juga diletakkan dekat dengan area toilet.

"Itu sangat menjijikan," ujar Kamalani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement