Selasa 24 Jan 2023 14:56 WIB

Buang Air Besar Lancar dengan Minum Kopi? Ini Faktanya

Kopi bukanlah solusi untuk melancarkan buang air besar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Secangkir kopi (ilustrasi). Seorang ibu mendapat kecaman karena memberikan kopi untuk melancarkan buang air besar bayinya.
Foto: PixaHive
Secangkir kopi (ilustrasi). Seorang ibu mendapat kecaman karena memberikan kopi untuk melancarkan buang air besar bayinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin melancarkan buang air besar? Praktisi kesehatan Prof Ari Fahrial Syam mengingatkan kopi bukanlah solusi untuk melancarkan buang air besar.

Prof Ari mengingatkan, kopi justru bisa merangsang asam lambung. Dikutip dari laman Your Dream Coffee, Selasa (24/1/2023), kopi dapat menyebabkan refluks asam.

Baca Juga

Ini karena tingkat keasaman dan kafein yang tinggi di sebagian besar campuran biji kopi. Beberapa orang lebih rentan terhadap refluks asam berdasarkan keasaman makanan yang mereka konsumsi secara teratur atau jika mereka memiliki kondisi yang mendasarinya, seperti GERD.

Mengapa kopi dapat menyebabkan refluks asam? Alasan utama kopi begitu sering dikaitkan sebagai pemicu naiknya asam lambung adalah karena kandungan kafein pada biji kopi yang paling umum digunakan/

 

Kafein dapat meningkatkan produksi asam di lambung sekaligus mengendurkan kerongkongan sehingga menimbulkan gejala refluks asam. Ada banyak penelitian tentang apakah refluks asam dan konsumsi kopi benar-benar terkait, dan banyak data yang tidak meyakinkan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement