Sabtu 21 Jan 2023 04:00 WIB

Bukan Cuma Berkumis, Ini Gejala Kadar Testosteron Wanita Terlalu Tinggi

Testosteron merupakan hormon pada pria yang juga terdapat pada wanita.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan menutup wajahnya (Ilustrasi). Ketika kadar testosteronnya terlalu tinggi, berbagai gejala yang memengaruhi penampilan dan fisik wanita dapat terlihat.
Foto:

3. Congenital Adrenal Hyperplasia (CAH)

CAH adalah kelainan genetik. Kondisi ini secara langsung memengaruhi kelenjar adrenal dan produksi hormon seperti androgen.

Dalam kasus yang lebih parah, kondisi ini didiagnosis sejak masa bayi. Terkadang, CAH tidak terdiagnosis sampai di kemudian hari, terutama dalam kasus ringan.

Selain kelebihan testosteron, gejala umum CAH meliputi tingkat kortisol rendah, alat kelamin yang berkembang secara atipikal, pertumbuhan cepat selama masa kanak-kanak, tetapi pendek ketika dewasa, dan infertilitas.

4. Tumor ovarium

Ada kemungkinan tumor ovarium menyebabkan produksi androgen meningkat.

"Ini adalah penyebab kelebihan androgen yang jauh lebih jarang pada wanita yang ditandai dengan kadar hormon pria yang jauh lebih tinggi, dan akibatnya gejala kelebihan androgen yang lebih parah," kata Kodaman.

Dalam kebanyakan kasus, tumor ovarium tidak bersifat kanker. Perawatan melibatkan operasi pengangkatan tumor. Dalam kasus di mana tumor bersifat kanker, selain operasi, penderitanya mungkin perlu menjalani kemoterapi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement