Senin 16 Jan 2023 20:05 WIB

Anak Diare Bisa Dirawat Sendiri di Rumah, Bawa ke Dokter Kalau Ada Gejala Ini

Diare rotavirus tidak membutuhkan antibiotik untuk penyembuhannya.

Anak sakit (ilustrasi). Tidak semua diare harus ditangani dengan antibiotik. Diare akibat rotavirus, misalnya, bisa ditangani orang tua di rumah tanpa antibiotik. Namun, perhatikan tanda-tanda anak mengalami dehidrasi.
Foto:

Vaksin rotavirus secara global telah direkomendasikan oleh WHO wajib diimplementasikan di negara dengan angka kematian akibat diare pada balita sebesar 10 persen. Semula, Indonesia belum menjalankan vaksinasi rotavirus secara gratis sebagai bagian dari program imunisasi nasional.

Alhasil, masyarakat masih mendapatkannya secara mandiri. Namun, pada tahun 2022, tepatnya pada Hari Imunisasi Sedunia, Kementerian Kesehatan mulai mencanangkan vaksin rotavirus masuk dalam program imunisasi nasional tahun 2022.

Saat ini, vaksin rotavirus masih difokuskan pada beberapa provinsi saja yang dipilih berdasarkan angka kejadian dari rotavirus yang tinggi. Pemerintah masih mempersiapkan sarana dan prasarana agar bisa merata di seluruh provinsi.

"Jika sudah merata diimplementasikan, seluruh provinsi nanti bisa mendapatkan vaksin di puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan vaksinasi, sehingga gratis seperti program vaksinasi pemerintah lainnya," ucap dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement