Kamis 05 Jan 2023 01:10 WIB

Selain Influenza, Ini Penyakit yang Mudah Menular di Musim Hujan

Prokes amat penting untuk mencegah influenza saat musim hujan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Saat musim hujan seperti sekarang bisa memunculkan beberapa penyakit dan terjadi pada masyarakat. Di antaranya influenza dan diare.
Foto: Sciencealert
Saat musim hujan seperti sekarang bisa memunculkan beberapa penyakit dan terjadi pada masyarakat. Di antaranya influenza dan diare.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat musim hujan seperti sekarang bisa memunculkan beberapa penyakit dan terjadi pada masyarakat. Di antaranya influenza dan diare.

"Flu adalah satu penyakit yang umum, bahkan bukan hanya pada saat musim hujan melainkan juga pada saat pancaroba alias perubahan cuaca," kata Dokter dari rumah sakit pusat infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sucahyo Adi Nugroho, Rabu (4/1/2023).

Ia menambahkan, penyakit ini disebabkan oleh virus influenza yang menyerang sistem pernapasan, baik ditularkan melalui droplet, percikan udara atau melalui kontak, baik makanan atau tidak menjaga kebersihan tangan.

Bahkan, sehabis jalan dan memegang meja atau apapun yang terkontaminasi oleh virus influenza dari orang lain juga berpotensi tertular. Apalagi kalau memiliki kebiasaan seperti menggosok hidung, mengusap mulut.

Untuk mencegahnya, ia mengakui memang protokol kesehatan sangat penting diterapkan untuk perlindungan diri. Jika diterapkan, dia optimistis ini bisa melindungi karena kemana-mana bawa penyanitasi tangan, mencuci tangan, hingga memakai masker. 

"Meski tidak 100 persen mencegah penularan, itu mengurangi risiko terpapar influenza," katanya.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan di musim hujan seperti saat ini juga bisa terjadi pencemaran tanah atau virus dan menyebabkan diare. Menurutnya, kebanyakan diare yang terjadi pada anak-anak disebabkan oleh infeksi rotavirus saat musim penghujan. Terkait jajan di pinggir jalan juga bisa menyebabkan diare, menurutnya tidak ada larangan untuk melakukannya. 

"Cuma yang harus diperhatikan adalah kebersihan makanan dan diri kita,"katanya.

Ia menambahkan, kadang jajan sembarangan yang dibawa ke sebuah lingkungan dan adanya suasana lembab yang menimbulkan berkembangnya mikroorganisme penyebab infeksi. Ini kemudian yang semakin memperberat terjadinya faktor risiko terjadinya penyakit, termasuk diare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement