Rabu 11 Jan 2023 17:16 WIB

Film-Film Keren yang Menginspirasi Sutradara Jenius Christopher Nolan

Christopher Nolan memiliki sejumlah referensi, termasuk film-film buatan sineas lain.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film yang menginspirasi Christopher Nolan, salah satunya Lawrence of Arabia.
Foto: Columbia Pictures
Film yang menginspirasi Christopher Nolan, salah satunya Lawrence of Arabia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Christopher Nolan merupakan salah satu sutradara paling berpengaruh di Hollywood dan telah mendapat banyak penghargaan sepanjang kariernya. Sejak kecil, sineas berkewarganegaraan Inggris-Amerika itu sudah terpikir untuk membuat film.

Nolan bereksperimen dengan kamera Super 8 milik ayahnya pada usia tujuh tahun. Bertahun-tahun kemudian, Nolan merilis debut filmnya pada 1998, yakni Following yang bergenre thriller neo-noir. Hingga kini, sudah banyak karyanya yang sukses dan ikonik.

Baca Juga

Sang sutradara terkenal dengan gaya sinematik yang khas dan narasi konseptual yang kompleks. Dalam menggarap deretan karya tersebut, Nolan juga memiliki sejumlah referensi, termasuk film-film buatan sineas lain. Berikut sejumlah judul film yang disukai Nolan dan menginspirasi karya-karyanya, dilansir laman Movieweb, Rabu (11/1/2023):

1. Star Wars

 

photo
Salah satu adegan di film Star Wars: Revenge of the Sith. - (20th Century Fox.)

 

Star Wars berperan dalam karier Nolan, sebab seri film ini menginspirasinya untuk menjadi sutradara. Dalam sebuah wawancara dengan Business Insider, Nolan mengaku terobsesi untuk membuat film tentang luar angkasa setelah menonton Star Wars pada usia delapan tahun.

Film Star Wars yang dia tonton rilis pada 1970-an, dan kala itu Nolan telah bereksperimen menggunakan film Super 8 milik ayahnya. "Dan kemudian sejak saya melihat Star Wars, semuanya menjadi tentang pesawat ruang angkasa dan fiksi ilmiah," ujar Nolan.

2. Greed

photo
Film Greed. - (Sony Pictures Classics)

 

Film bisu arahan Erich von Stroheim ini ditayangkan pada 1924. Sinema bercerita tentang ibu rumah tangga bernama Treena McTeague yang memenangkan lotere, namun terjadi kekacauan antara dia, suaminya, dan seorang teman yang licik. Nolan menyebut film ini sebagai karya jenius.

3. Lawrence of Arabia

photo
Film Lawrence of Arabia. - (Columbia Pictures[)

 

Pada 2005, Nolan memberi tahu media LA Times soal inspirasinya saat syuting film Batman Begins. Dia mengambil banyak rujukan sinematik dari Lawrence of Arabia, sebuah film epik biografi produksi Inggris yang dirilis pada 1962 dan disutradarai David Lean.

Bagi Nolan, film tersebut jadi bukti bahwa pengambilan gambar pada film seluloid lebih unggul daripada pengambilan gambar secara digital. Pada film seluloid, menurut Nolan ada detail bayangan yang sangat halus dan nada warna langit tertentu yang bisa dilihat penonton. 

4. Metropolis

photo
Film Metropolis. - (Parufamet)

 

Di antara sutradara favoritnya, yakni Ridley Scott dan Stanley Kubrick, Nolan juga sangat merekomendasikan sutradara ekspresionis Jerman, Fritz Lang. Salah satu karya Lang yang amat digemari Nolan adalah film Metropolis rilisan 1927. Nolan menjulukinya sebagai salah satu film fiksi ilmiah terhebat sepanjang masa.

5. The Right Stuff

photo
Film The Right Stuff. - (Warner Bros.)

 

Saat menggarap film Interstellar, Nolan mengaku mendapat inspirasi dari dua film favoritnya, yakni 2001: A Space Odyssey rilisan 1968 dan The Right Stuff. Sebelum memulai syuting Interstellar, Nolan bahkan memutarkan film The Right Stuff untuk para kru dan pemain.

Menurut Nolan, menonton The Right Stuff hanya satu kali di layar lebar tidak cukup. "Itu adalah film yang dibuat hampir sempurna. Salah satu film Amerika yang hebat dan orang-orang tidak menyadari betapa hebatnya, mungkin karena (durasinya) berjam-jam," kata Nolan.

Selain kelima judul tersebut, terdapat sejumlah sinema lain yang jadi favorit Nolan. Ada 2001: A Space Odyssey yang sudah disebutkan sebelumnya, serta  Blade Runner, Alien, Chariots of Fire, 12 Angry Men, Speed, dan Heat.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement