Kamis 05 Jan 2023 04:15 WIB

Jeremy Renner Alami Trauma Dada Akibat Benda Tumpul, Bisa Separah Apa?

Jeremy Renner mengalami kecelakaan saat membajak salju pada Ahad.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Hawkeye, Jeremy Renner, mengunggah selfie pertamanya setelah menjalani dua operasi untuk mengatasi cedera akibat kecelakaan mesin pembajak salju.
Foto:

Ahli ortopedi dan penggantian sendi dari Max Super Speciality Hospital, India, dr Akhilesh Yadav, menjelaskan biasanya tidak ada tanda atau gejala trauma dada akibat benda tumpul sehingga diagnosis sering terlambat. Akan tetapi, beberapa orang dapat mengalami memar, nyeri, atau nyeri untuk waktu yang lama.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jeremy Renner (@jeremyrenner)

"Penderita perlu segera menjalani rontgen atau CT scan untuk memeriksa cedera dalam dan mendapatkan bentuk perawatan yang konklusif," ujar dr Yadav.

Trauma tumpul dapat mengakibatkan cedera pada dinding dada seperti tulang rusuk atau patah tulang yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada penderita. Ada juga kemungkinan cedera visceral, tulang, dan kardiovaskular lainnya yang harus segera diperiksakan.

Perawatan akan mencakup pengobatan simtomatik terhadap nyeri atau obat lain yang akan membantu mengurangi pembengkakan, nyeri, dan demam. Andaikan cedera membutuhkan waktu lebih dari enam pekan untuk sembuh total, itu bisa menjadi tanda trauma dada tumpul yang parah.

"Penderita juga akan merasa kesakitan ketika menarik napas dalam-dalam, batuk, dan bahkan tidur," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement