Rabu 21 Dec 2022 03:02 WIB

Selama Liburan, Orang Tua Bisa Gali Minat Anak Lewat Variasi Kegiatan

Sebaiknya, anak jangan hanya pergi ke mall saat liburan.

Ilustrasi Anak Bermain
Foto: pixabay
Ilustrasi Anak Bermain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog pendidikan Ina Liem menyarankan orangtua bisa gali minat anak selama libur sekolah dengan kegiatan yang bervariasi. Menurutnya orangtua mempunyai tugas untuk mengembangkan karakter anak tidak hanya saat libur, namun secara berkelanjutan.

Ia juga menambahkan, jika memungkinkan setiap libur anak diberikan kegiatan yang berbeda seperti kegiatan di luar ruangan. Tidak hanya sekedar pergi ke mall.

Baca Juga

"Banyak orangtua yang ingin menikmati liburan di hotel nyaman, padahal anak-anak perlu sesekali diajak camping," ucapnya.

Untuk anak yang sudah beranjak remaja, Ina menyarankan untuk melakukan kegiatan studi tur tanpa orangtua. Menurutnya, kegiatan ini dapat dipertimbangkan untuk melatih kemandirian.

"Di usia ini mereka lebih suka bepergian dengan teman-teman, bagus juga untuk melatih kemandirian," ucap Ina.

Ia pun menegaskan selama libur sekolah sebaiknya guru tidak memberikan pekerjaan rumah (PR). Hal ini agar anak bisa istirahat dan lepas dari kepenatan belajar.

"Wah jangan diberi PR lagi selama liburan. Anak-anak juga manusia, perlu istirahat atau healing istilah sekarang ya," katanya.

Sementara itu guru kelas empat SDN Cilandak Barat 04 Jakarta, Iffa Chairani mengatakan tidak memberikan PR selama libur kepada siswanya. Dia hanya berpesan pada orangtua untuk tetap berlatih menulis dan berhitung serta banyak membaca selama libur sekolah.

"Saat bagi rapor dipesankan melalui orang tua untuk latihan menulis, berhitung dan banyak membaca buku saat liburan sekolah," ucapnya melalui pesan singkat.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement