Jumat 07 Jul 2017 16:21 WIB

Liburan di Rumah yang tidak Kalah Seru

Rep: NOVITA INTAN/ Red: Indira Rezkisari
Bila memiliki waktu dan dana, liburan ke tempat hiburan bisa dipilih. Namun, liburan di rumah pun bisa dirancang agar tetap menarik.
Foto: Mahmud Muhyidin
Bila memiliki waktu dan dana, liburan ke tempat hiburan bisa dipilih. Namun, liburan di rumah pun bisa dirancang agar tetap menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sela-sela kesibukan dan aktivitas keseharian, tentunya ada waktu luang yang tersisa untuk diri sendiri. Terkadang, waktu luang sering dihabiskan untuk berjalan-jalan sendiri, berbelanja atau menghabiskan waktu bersama sahabat atau teman-teman.

Sebagai orangtua, alangkah baiknya jika menyempatkan waktu untuk menghabiskan waktu luang bersama anak. Tidak perlu aktivitas yang memerlukan banyak energi, sambil bersantai pun Anda dapat melakukannya.

"Pada intinya saat liburan anak-anak mendapatkan kesempatan untuk beristirahat dari rutinitias keseharian saat sekolah. Jadi cara mengisinya adalah dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi anak di luar aktivitas rutin sebelumnya," ujar Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa diperhatikan para orangtua seperti ketersediaan waktu orangtua dan juga kondisi finansial. Liburan tidak harus diisi dengan pergi keluar kota atau pergi ke suatu tempat rekreasi.

"Liburan dapat berupa di rumah saja bermain dengan saudara atau teman lingkungan tetangga atau ajak anak melakukan aktivitas kreatif. Seperti anak yang suka masak bisa diajak mencoba resep baru atau anak yang suka prakarya dapat diajak membuat karya kecil-kecilan untuk di jual di depan rumah," ungkapnya.

Jika ingin ajak mereka bepergian, pertimbangan juga manfaat edukasinya misalnya pergi ke museum atau wisata alam, tidak hanya ke mal saja. Apapun aktivitasnya, diskusikan dan putuskan bersama dengan anak.

"Liburan perlu perencanaan yang matang, sehingga atur waktu dari sisi orangtua agar dapat mendampingi anak-anak semasa liburan, tidak harus full mendampingi, paling tidak misalnya bisa pulang cepat," ucap dia.

Rencanakan pula jika memungkinkan membawa anak atau bermain ke kantor, juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak. Jangan lupa rencanakan aktivitas sesuai dengan usia anak, tentukan aktivitas yang edukatif.

"Bicarakan dengan anak apa saja yang bisa mereka lakukan selama liburan. Rencanakan tempat-tempat yang ingin didatangi dan pertimbangkan manfaatnya bagi anak," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement