Jumat 07 Jul 2017 19:22 WIB

Anak Libur Bebas Gawai? Bisa...

Rep: NOVITA INTAN/ Red: Indira Rezkisari
Anak menggunakan gadget.    (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anak menggunakan gadget. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menjauhkan gawai dari genggaman anak tanpa tangisan menjadi tantangan bagi orangtua. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengatakan para orangtua bisa memanfaatkan waktu liburan si kecil dengan membuat jadwal aktivitas yang menyenangkan. Sehingga nantinya anak-anak akan sibuk dengan jadwal tersebut dan tentu lupa dengan gawai.

"Buatlah jadwal aktivitas selama liburan termasuk kapan mereka bisa nonton atau main gadget, tetap tentukan batasannya untuk hal ini maksimal 2 jam sehari," ujarnya.

Ia mencontohkan, aktivitas lainnya yang bisa dibuat orangtua seperti olaharaga, bermain sepeda dan bermain di taman lingkungan rumah. "Sediakan aktivitas lainnya yang tak kalah menarik karena jika tidak mereka akan kembali lagi ke gawai, seperti bersepeda di pagi hari, main di taman di sore hari," ucapnya.

Jika ingin menjauhkan anak-anak dari ponsel, tablet, atau konsol gim, semua bergantung pada cara bernegosiasi dengan anak. Beri tahunseberapa banyak waktu mereka harus menjauhkan peralatan elektronik itu dan mengisi waktu tersebut dengan aktivitas alternatif yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement