Rabu 14 Dec 2022 20:17 WIB

Dipercaya Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Obat Diabetes Ozempic Alami Kelangkaan

Ozempic terkenal di TikTok sebagai obat penurun berat badan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Obat diabetes (ilustrasi). Ozempic, obat diabetes produksi Novo Nordisk digunakan di luar indikasi yang tertera di dalam label, yakni untuk obat penurun berat badan.
Foto:

Empat tahun kemudian, Food and Drug Administration (FDA) menyetujui Wegovy (versi semaglutide dosis tinggi) untuk manajemen berat badan jangka panjang. Dalam beberapa pekan terakhir, obat tersebut mendapat perhatian karena selebritas dan influencer di TikTok mendeskripsikannya sebagai obat untuk mengurangi berat badan dengan cepat.

"Semua orang tiba-tiba menunjukkan beratnya 11,34 kg lebih ringan. Apa yang terjadi ketika mereka berhenti mengonsumsi Ozempic?" ujar pembawa acara Bravo, Andy Cohen , dalam cicitannya di Twitter pada bulan September. Di TikTok, tagar #Ozempic telah dilihat lebih dari 313 juta kali.

Selain itu, pimpinan Twitter, Elon Musk membuat cicitan bahwa dia telah menggunakan Wegovy untuk menurunkan berat badan pada bulan Oktober dan November. Namun, dokter memperingatkan agar tidak menggunakan Ozempic, karena efek sampingnya bisa berumur pendek.

Beberapa efek samping lainnya adalah perubahan penglihatan, kemungkinan tumor tiroid, pankreatitis, masalah ginjal, dan masalah kandung empedu. "Ada efek samping dari obat ini, tetapi obat apapun juga ada efek sampingnya," ujar kontributor medis Fox News, Dr Marc Siegel pada Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement