Sabtu 10 Dec 2022 00:29 WIB

Nggak Tutup Kloset Sebelum Tekan Tombol Siram? Video Ini Perlihatkan Risikonya

Peneliti University of Colorado perlihatkan risiko nge-flush kloset tanpa ditutup.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Peneliti dari University of Colorado, AS menggunakan laser untuk memperlihatkan apa yang terjadi ketika orang membilas kloset tanpa menutupnya.
Foto:

Droplet juga dapat bertahan di toilet setelah beberapa kali disiram, membuat pengguna toilet berisiko lebih tinggi untuk menghirup kuman yang mematikan. Hasil serupa juga diterbitkan dalam Journal Scientific Reports, yang menjelaskan cara partikel yang lebih kecil dapat lolos dari bulu hidung dan mencapai lebih dalam ke paru-paru seseorang, dan itu membahayakan tubuh.

Beberapa strain E coli menghasilkan toksin (toksin Shiga) yang dapat menyebabkan penyakit parah. Satu strain umum yang disebut E coli 0157 menghasilkan racun dan biasanya bertanggung jawab atas suatu wabah.

Gejala klasik yang terkait dengan jenis ini antara lain kram perut yang parah, muntah, dan diare yang mungkin berdarah. Gejala biasanya berlangsung hingga tujuh hari jika tidak ada komplikasi, tetapi beberapa infeksi dapat menjadi parah dan dapat mengancam jiwa.

Komplikasi yang mengancam jiwa tertentu yang disebut sindrom uremik hemolitik (HUS), dapat berkembang pada lima hingga 10 persen orang yang terinfeksi dengan bentuk E coli penghasil racun. Ini adalah komplikasi terkait ginjal parah, yang dalam kasus ekstrem dapat menyebabkan gagal ginjal dan kebutuhan akan terapi transplantasi ginjal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement