Rabu 13 Jun 2018 13:48 WIB

Alasan Kloset Memiliki Dua Tombol Flush

Kloser dual flush umumnya memiliki dua tombol dengan ukuran berbeda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kloset dengan tombol dual flush.
Foto: Times of India
Kloset dengan tombol dual flush.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kloset modern memiliki dua jenis tombol siram (flush). Satu tombol berbentuk lebih kecil dari yang lain .

Dua tombol flush itu terhubung ke katup untuk jalan keluar air. Tetapi pernahkah terpikirkan mengapa ada dua tombol siram di kloser?

Konsep dual flush adalah gagasan dari perancang industri Amerika, Victor Papanek . Ia mengusulkan rancangannya dalam buku berjudul Design for the Real World pada 1976. Konsep ini pertama kali diimplementasikan di Australia pada 1980.

Seperti yang dikutip dari Times of India, Rabu (13/6), dua tombol flush pada dasarnya bertujuan untuk lebih menghemat air. Tuas tombol lebih besar mampu mengeluarkan air sekitar enam hingga sembilan liter air. Sedangkan tuas tombol lebih kecil menyiram sekitar tiga hingga 4,5 liter air.

Dua tombol ini peruntukannya memang dimaksud berbeda. Tombol lebih besar untuk membersihkan kotoran lebih banyak. Sedangkan tombol lebih kecil untuk menyiram yang lebih sedikit, seperti air seni.

Meskipun pemasangannya mungkin sedikit lebih mahal daripada kloset siram normal, namun kolset dual flush mampu membantu menghemat air. Kloset dual flush ini disebut-sebut mampu menghemat hingga 20 ribu liter air dibanding kloset biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement