Kamis 01 Dec 2022 19:00 WIB

Apa Betul Jerawat Membandel Bisa Sirna dengan Bawang Putih?

Konon, bawang putih dapat mengatasi jerawat membandel.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang putih. Bawang putih dikenal berkhasiat untuk mencegah infeksi. Akan tetapi, mengobati jerawat dengan mengoleskan bawang putih tidak terbukti manjur dan malah berbahaya bagi kesehatan kulit.
Foto:

Dr Indah mengimbau agar masyarakat lebih mengedukasi diri soal kesehatan kulitnya. Sebaiknya, masyarakat tidak langsung percaya pada berbagai informasi yang tidak jelas sumber dan kredibilitasnya.

"Jangan main-main dalam mengobati jerawat," kata dia.

Dr Indah menjelaskan, jerawat dapat disebabkan oleh interaksi dari empat faktor, yaitu peningkatan produksi sebum, akumulasi sel-sel kulit mati, kolonisasi bakteri pada kelenjar sebaceous, dan inflamasi atau peradangan. Untuk merawat kulit berjerawat dengan efektif, sebaiknya pilih produk yang dapat mengatasi produksi sebum berlebih, bebas minyak, mengurangi kadar minyak agar kotoran tidak mudah menempel pada kulit.

Pilih juga produk yang membantu menghidrasi kulit. Selain itu, dia juga menyarankan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

"Nutrisi seimbang, konsumsi buah sayur karena itu sumber vitamin dan mineral, serta jangan lupa olah raga karena itu bisa membantu menyeimbangkan hormon," kata dr Indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement