Ahad 27 Nov 2022 14:13 WIB

Gejala Kanker Mulut, Penyakit yang Pernah Diderita Ibu Gwyneth Paltrow

Ibu dari Gwyneth Paltrow, Blythe Danner, tengah berjuang melawan kanker mulut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris peraih penghargaan Emmy sekaligus ibu dari aktris Gwyneth Paltrow, Blythe Danner, merupakan penyintas kanker mulut.
Foto:

Ahli otolaringologi dr Marc Kerner dari Dignity Health Northridge Hospital di AS mengatakan gejala utama ACC adalah benjolan di area kelenjar ludah atau leher. Gejala lain yang juga kerap muncul adalah kebas atau kelumpuhan di area wajah

Gejala yang dialami oleh Danner bisa dikatakan tak biasa untuk ACC. Gejala tersebut biasanya muncul ketika tumor ganas sudah menyebar ke saraf di area tengkorak dan otak sudah terdampak.

Dr Kerner menyebut, ACC atau kanker mulut secara umum bisa memunculkan gejala yang beragam, tergantung pada lokasi awal ditemukannya kanker. Kondisi ini juga cukup sulit terdeteksi oleh dokter umum.

 

Oleh karena itu, dr Kerner mengimbau agar segala gejala seperti suara serak, lemah atau kebas di area kepala dan leher, serta benjolan di area tersebut yang tak membaik setelah beberapa pekan perlu diperiksakan ke dokter spesialis, seperti ahli otolaringologi atau dokter bedah mulut dan maksilofasial. Dr Stoll juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai benjolan tanpa rasa sakit, luka yang tak kunjung sembuh, nyeri saraf, hidung tersumbat, rasa pusing di area kepala dan leher yang tak kunjung sembuh.

Gejala umum dari ACC yang patut diwaspadai adalah benjolan pada langit-langit mulut, di bawah lidah, atau di dasar mulut. Gejala umum lainnya adalah kebas di area rahang atas, lidah, langit-langit, atau wajah, kesulitan menelan, suara serak, dan nyeri tumpul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement