Kamis 22 Feb 2024 14:35 WIB

Sariawan Lebih dari Dua Pekan, Ada Benjolan di Mulut, Apakah Pasti Kanker?

Jangan abaikan jika sariawan tidak sembuh setelah dua pekan.

Seorang pria menjulurkan lidahnya. Sariawan bisa jadi merupakan gejala awal sebelum tumbuhnya benjolan tumor atau kanker pada bagian mulut.
Foto: www.freepik.com.
Seorang pria menjulurkan lidahnya. Sariawan bisa jadi merupakan gejala awal sebelum tumbuhnya benjolan tumor atau kanker pada bagian mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda sariawan sudah lebih dari dua pekan? Sebaiknya, kondisi itu jangan diabaikan.

"Itu harus banget kita waspadai. Harus dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk menentukan apakah ini merupakan suatu lesi yang lebih berbahaya," kata dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM), Indra Parmaditya, dalam diskusi mengenai kesehatan mulut dan tenggorokan yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga

Dokter Indra mengatakan lesi tersebut merupakan gejala awal sebelum tumbuhnya benjolan tumor atau kanker pada bagian mulut. Ia mengungkapkan setidaknya terdapat tiga jenis lesi yang perlu diwaspadai, yaitu bercak berwarna putih yang tidak hilang ketika digores (leukoplakia), bercak merah yang berdarah ketika digores (eritroplakia), dan kombinasi keduanya (eritroleukoplakia) yang dapat berkembang menjadi kanker.

Dokter Indra menganjurkan kepada masyarakat untuk segera memeriksakan gejala tersebut ke dokter agar segera dapat ditangani. Menurutnya, pemeriksaan biopsi diperlukan.

 

"Lita ambil sedikit jaringannya kemudian kita tes di laboratorium, di mikroskop, dengan pemeriksaan khusus untuk melihat apa sih sebenarnya sariawannya ini," paparnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement