Kamis 10 Nov 2022 14:05 WIB

7 Cara Alami untuk Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi akan membantu menyehatkan tubuh dan melindungi diri dari penyakit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Detoksifikasi bisa dilakukan dengan makan makanan yang bergizi.
Foto: istimewa
Detoksifikasi bisa dilakukan dengan makan makanan yang bergizi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh kita perlu melakukan detoksifikasi atau menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi tubuh bisa dilakukan tidak hanya dari makanan yang di konsumsi, tapi juga dari gaya hidup Anda.

Dilansir dari health shots pada Kamis (10/11/2022), langkah pertama detoksifikasi tubuh adalah puasa, yang membantu organ untuk beristirahat. Hati dan ginjal adalah organ yang membantu dalam proses detoksifikasi. Hati dan ginjal membantu menghilangkan racun dari tubuh melalui kulit, ginjal dan usus.

Baca Juga

 

Proses detoksifikasi akan membantu menyehatkan tubuh, menjaga kesehatan, melindungi Anda dari penyakit, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga berat badan yang sehat, memiliki pikiran positif hingga menjaga tingkat energi. 

 

Berikut ini adalah tujuh cara alami untuk detoksifikasi tubuh yaitu :

 

Hilangkan Makanan Manis

 

Konsumsi makanan manis secara teratur dapat menghambat cara detoksifikasi tubuh Anda. Makanan tinggi gula bisa merusak hati dan ginjal Anda. Makanan tinggi gula juga dapat menyebabkan perlemakan hati. Makanan manis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas dan diabetes.

 

Hindari Alkohol

 

Minum alkohol dapat menyebabkan peradangan. Alkohol juga bisa merusak fungsi hati Anda.

Batasi Asupan Kafein

 

Kafein tidak baik untuk sistem tubuh. Kopi mengandung kafein dalam jumlah tinggi yang dapat mengganggu proses alami detoksifikasi. Kopi dapat mempersulit tubuh untuk mengatur proses detoksifikasi normal di hati.

 

Berolahraga Secara Teratur

 

Olahraga mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan sebagainya.

 

Hindari Konsumsi Makanan Pengawet

 

Makanan bahan pengawet yang tinggi dapat mengganggu proses alami tubuh Anda. Makanan dengan bahan pengawet, tinggi gula tambahan dan perasa buatan tidak begitu baik untuk tubuh Anda jika Anda ingin menghilangkan racun.

 

Minum Air

 

Air minum membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Air putih juga membantu menenangkan nyeri sendi dan menghilangkan racun dari tubuh Anda. Jadi, minumlah setidaknya 8 sampai 10 gelas air setiap hari untuk mendetoksifikasi tubuh Anda.

 

Konsumsi Buah dan Sayur

 

Salah satu cara terbaik untuk mendetoksifikasi tubuh Anda adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Anda bisa makan makanan yang kaya vitamin dan mineral yang membantu membersihkan tubuh dan membuang racun.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement