Kamis 27 Oct 2022 02:10 WIB

Lima Cara Kebiasaan Hidup yang Bisa Menyingkirkan Penyakit

Singkirkan penyakit dengan kebiasaan hidup sehat.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Muhammad Hafil
Lima Cara Kebiasaan Hidup yang Bisa Menyingkirkan Penyakit. Foto: Tidur (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Lima Cara Kebiasaan Hidup yang Bisa Menyingkirkan Penyakit. Foto: Tidur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Banyak faktor yang berkontribusi secara signifikan terhadap pencegahan penyakit. melakukan penyesuaian berikut dalam hidup Anda akan membantu Anda menghindari sakit terlalu sering.

Dilansir dari Odishatv pada Rabu (26/10/2022), tetap bugar dan sehat sangat penting untuk menjalani hidup sepenuhnya. Tapi ada kalanya semua sakit, seperti saat musim berganti. Tapi ada teknik tertentu untuk mencegah penyakit itu terlepas dari banyak keadaan lain. Hal ini dapat dicapai dengan makan makanan yang benar.

Baca Juga

Berikut lima cara kebiasaan gaya hidup yang dapat menyingkirkan penyakit yaitu :

1. Makan Seimbang Tiga Kali Sehari

 

Melewatkan makan bisa menjadi kekacauan besar bagi Anda jika Anda bekerja sepanjang hari. Fungsi utama dari makanan itu sendiri adalah untuk mempertahankan energi. Diet seimbang akan membuat Anda tetap energik sepanjang hari. Sertakan buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kalsium dalam makanan Anda karena ini mengurangi risiko penyakit jantung Anda dengan menjaga tekanan darah dan kalsium akan menjaga gigi dan tulang Anda kuat.

Anda bisa mendapatkan kalsium dari sayuran hijau tua seperti kangkung dan brokoli.

2. Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Jalan kaki adalah bentuk latihan yang bagus yang menggerakkan setiap otot di tubuh Anda. Kemungkinan Anda merasa lelah sepanjang hari jika Anda mencari perubahan gaya hidup. Berjalan membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang menyebabkan penyakit jantung. Ini tidak hanya meningkatkan kinerja dan produktivitas otak tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Anda tidak perlu berlari atau bermain, cukup berjalan selama 30 menit dan Anda akan melihat perubahan dalam hidup Anda. Ini membantu Anda dalam memperkuat tulang dan meningkatkan otot.

3. Hidrasi Secara Teratur

Air adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh. Sangat penting untuk mempertahankan tubuh yang sehat. Ini membantu dalam mengatur suhu tubuh, menjaga persendian tetap terlumasi dengan baik, mencegah infeksi dan memastikan organ Anda berfungsi secara optimal. Minum air putih minimal dua liter setiap hari. Jika Anda tidak terbiasa dengan air biasa, tambahkan lemon, mint dan mentimun ke dalamnya.

4. Memprioritaskan Kesehatan Mental

Banyak faktor seperti beban kerja yang berat, shift panjang, kurangnya keamanan fisik dan psikologis, kurangnya dukungan sosial dan banyak lagi dapat menjadi penyebab alasan di balik stres Anda. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan dan gaya hidup Anda. Stres dapat meningkatkan tekanan darah, obesitas, dan penyakit jantung. Ini juga menyebabkan depresi yang akan berdampak buruk pada kesehatan Anda, jadi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari stres.

5. Kualitas Tidur yang Baik

Anda mungkin pernah mendengar bahwa perlu tidur 8 jam setiap hari, tetapi alih-alih hanya 8 jam tidur yang buruk, dapatkan kualitas tidur yang baik. Jangan pernah kompromi tidur Anda. Pertahankan jadwal atau waktu yang tepat dan jangan pernah makan berat di malam hari. Tidur yang tepat mengurangi risiko penyakit jantung, depresi dan obesitas. Tidak ada yang terjadi dalam semalam, semuanya membutuhkan waktu. Membuat perubahan dalam gaya hidup sehari-hari Anda bisa jadi sulit bagi Anda, tetapi Anda harus realistis. Hari baik dan buruk semua adalah bagian dari kehidupan, mungkin terkadang Anda sangat kuat dan terkadang Anda bahkan tidak ingin bangun dari tempat tidur.

Sumber:

https://odishatv.in/news/lifestyle/5-lifestyle-changes-that-will-keep-sickness-aside-188692/amp

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement