Rabu 26 Oct 2022 06:45 WIB

Hati-Hati, Suplemen Herbal Populer Ini Bisa Picu Gangguan Irama Jantung pada Usia Muda

Suplemen herbal yang digemari di AS punya dampak kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen (Ilustrasi). Meski berlabel alami dan memiliki klaim menakjubkan, orang-orang yang terbiasa mengonsumsi suplemen herbal mungkin perlu lebih waspada.
Foto:

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa FA merupakan jenis gangguan irama jantung atau aritmia yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika dua ruang atas jantung atau serambi (atrium) jantung berdetak secara tidak beraturan.

Pada FA, aliran darah dari serambi jantung ke bilik jantung (ventrikel) juga mengalami gangguan. FA disebut sebagai gangguan irama jantung yang mematikan karena bisa meningkatkan risiko strok secara signifikan. Penderita FA memiliki kemungkinan lima kali lipat lebih besar untuk terkena strok.

"Strok karena FA cenderung lebih serius, dengan kerusakan pada otak yang lebih berat dan efek jangka panjang yang lebih buruk," jelas Stroke Association melalui laman resmi mereka.

Berkaitan dengan hal ini, dr Javid mengimbau masyarakat untuk mewaspadai beberapa gejala FA. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah irama jantung terasa tak beraturan, palpitasi jantung atau jantung berdebar, lelah ekstrem, lightheadedness atau perasaan seperti akan pingsan, sesak napas, dan nyeri dada.

Orang-orang yang mengalami gejala seperti ini sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan penanganan yang tepat dan cepat, dr Javid mengatakan penderita FA bisa hidup dengan aktif dan normal.

"Bila FA tak terdiagnosis, risiko strok dan komplikasi lain bisa sangat tinggi, jadi jangan tunda waktu untuk mendapatkan diagnosis bila Anda memiliki (gejala) yang dicurigai," kata dr Javid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement