Rabu 26 Oct 2022 01:36 WIB

Bono Sebut U2 Bakal Merilis Album yang Terinspirasi AC/DC

Materi untuk album Songs Of Ascent hampir rampung setelah beberapa waktu tertunda.

Rep: GumantI Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Band rock U2 dilaporkan bakal merilis album yang terinspirasi AC/DC dalam waktu dekat.
Foto: Reuters/Jeff Haynes
Band rock U2 dilaporkan bakal merilis album yang terinspirasi AC/DC dalam waktu dekat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band rock U2 dilaporkan bakal merilis album yang terinspirasi AC/DC dalam waktu dekat. Hal itu diungkap oleh sang vokalis, Bono, dalam wawancara dengan The New York Times.

Bono menyatakan bahwa album itu akan dirilis sebelum Songs Of Ascent, album baru yang telah di-spill sejak 2009 lalu. Menurut Bono, materi untuk album Songs Of Ascent sudah hampir rampung setelah beberapa waktu tertunda, lantaran U2 fokus pada album gitar yang noisy, tanpa kompromi dan di luar nalar.

Baca Juga

Bagi Bono, lagu-lagu yang diciptakan U2 dalam beberapa tahun terakhir merupakan upaya mereka untuk melakukan eksperimental. Bono juga menilai, progresif-rock yang sempat memengaruhi warna musik U2 akan mulai ditinggalkan.

“Kita semua membuat kesalahan. Virus progresif-rock menyebar, dan kami butuh vaksin,” kata Bono seperti dilansir dari NME, Selasa (25/10/2022).

 

“Bersama band, aku pikir kami hanya bisa melakukan hal eksperimental jika kami menulis lagu. Jadi kami pergi ke akademi untuk belajar menulis, dan kami kembali dengan lebih baik. Selama dua album itu 'Songs Of Innocence and Experience', gaya penulisan lagu kami kembali. Sekarang kita perlu mengembalikan kekuatan rock n roll,” jelas Bono.

Ia kemudian mengatakan bahwa album dengan kekuatan rock n roll tersebut bakal terinspirasi dari AC/DC. “Aku tidak tahu siapa yang akan membuat album rock n roll kami. Kami ingin AC/DC, juga Mutt Lange. Dan penulisan lagu, itulah yang kami inginkan,” kata Bono.

Baru-baru ini, Bono juga membahas kontroversi U2 pada 2014 lalu, di mana band memberikan album Songs Of Innocence secara gratis untuk diunduh pengguna iTunes. Dalam memoar terbarunya bertajuk Surrender: 40 Songs, One Story yang diterbitkan di The Guardian, Bono mengaku bertanggung jawab atas kegagalan album tersebut.

"Awalnya aku pikir ini hanya badai internet. Kami ibarat Sinterklas yang menjatuhkan hadiah-hadiah ke cerobong asap dengan album kami. Tapi kami sadar bahwa itu adalah langkah yang keliru. Saya telah mendapat pelajaran untuk berhati-hati saat melangkah. Itu bukan hanya kulit pisang. Itu adalah ranjau darat,” kata Bono.

Di bagian lain dalam memoarnya, Bono membuka tentang dugaan ancaman pembunuhan yang dia terima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement