Senin 24 Oct 2022 21:15 WIB

Kebiasaan Makan Banyak Bisa Picu Kanker? Ini Penjelasan Prof Aru

Terbiasa makan banyak merupakan faktor risiko kanker.

Kebiasaan makan banyak harus dihindari agar tidak memicu kanker (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan makan banyak harus dihindari agar tidak memicu kanker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof Aru Wisaksono Sudoyo mengingatkan masyarakat untuk menjauhi faktor risiko kanker yang bisa diubah, seperti gaya hidup. Ia mengatakan sebesar 30 persen risiko kanker ada pada faktor kebiasaan, seperti makan terlalu banyak.

"Faktor risiko dari kanker itu terkait kebiasaan dalam hal ini lingkungan, apa yang kita makan itu menempati 30 persen dari faktor risiko kanker, bahkan lebih besar dari rokok," ucapnya dalam diskusi mengenai malanutrisi pada pasien kanker yang diikuti di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Baca Juga

Prof Aru mengatakan efek dari makan terlalu banyak bisa menimbulkan masalah obesitas (overweight). Itu dapat menyebabkan terjadinya 10 penyakit kanker yang paling sering dijumpai, salah satunya adalah kanker payudara.

Prof Aru mengatakan jumlah penderita kanker di Indonesia semakin bertambah dan berkembang sebanyak 50 persen, jika dibandingkan dengan negara maju di dunia. Tercatat dari data Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO), total kasus kanker di Indonesia pada 2020 mencapai 396.914 kasus.

"Karena mereka (negara maju) lebih bagus dalam deteksi dini serta langkah-langkah preventif," ucap Prof Aru.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement