Senin 24 Oct 2022 19:13 WIB

Konsumsi Gula Berlebihan Bikin Pankreas Kelelahan, Picu Diabetes

Konsumsi gula tidak dilarang, namun jangan berlebihan.

Gula (ilustrasi). Makanan dan minuman yang mengandung gula sebetulnya memang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan maka terjadi penimbunan gula atau glukosa di dalam tubuh.
Foto:

Di sisi lain, orang dengan obesitas juga rentan terkena penyakit diabetes. dr Bowo mengatakan bahwa kondisi obesitas berbahaya karena dapat mengganggu produksi insulin.

Kondisi obesitas, menurut dr Bowo, bahkan dapat melebar ke penyakit-penyakit lain seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya menjaga berat badan agar tetap ideal.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

"Obesitas itu memang harus kita perangi, kita turunkan berat badan ke arah normal, tidak kurus, tapi normal," tuturnya.

Dengan tidak mengonsumsi gula yang berlebihan, dr Bowo mengatakan risiko terkena penyakit-penyakit lain yang ditimbulkan akibat gula juga akan turun. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai kebutuhan asupan gizi, termasuk karbohidrat, pada individu, ia menyarankan untuk bisa berkonsultasi dengan ahli gizi.

Selain itu, dr Bowo juga mengingatkan masyarakat agar menjalani hidup sehat dan berolahraga. Dengan begitu, gula yang sudah dikonsumsi tidak menumpuk di dalam tubuh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement