Jumat 21 Oct 2022 18:40 WIB

Sudah Berusia 40 Tahun, Perempuan Perlu Waspadai Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan tanda awal penyakit jantung dan diabetes.

Perempuan muda (Ilustrasi). Perempuan perlu mengusahakan agar lingkar perut tidak lebih dari 80 cm untuk menghindari sindrom metabolik.
Foto:

Menurut Tita, sindrom metabolik dapat diantisipasi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengatur asupan energi. Tita menyarankan perempuan usia 40 tahun ke atas mengonsumsi makanan rendah kalori, menghindari makanan-minuman manis, dan menghindari makanan berbahan tepung.

Selain itu, perbanyak minum air putih, sayur, dan buah sebelum makan berat untuk mengurangi asupan karbohidrat. Dr Tita juga menganjurkan untuk melakukan olahraga aerobik setiap hari selama 30 menit minimal empat kali dalam sepekan.

Itu penting untuk mempertahankan berat badan ideal serta menjaga metabolisme tubuh berjalan normal dan nafsu makan terkendali. Merokok serta mengonsumsi alkohol, menurut dia, juga harus dihindari agar tubuh tetap sehat.

"Dengan hidup sehat maka risiko kesehatan jiwa dan raga dapat kita hindari, sehingga gejala atau perubahan menopause muncul tanpa membebani kita," kata dr Tita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement