Kamis 06 Oct 2022 01:00 WIB

Benjolan Seperti Apa yang Jadi Gejala Kanker Payudara?

Benjolan yang tidak normal perlu diwaspadai sebagai gejala kanker payudara.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Hasil mammogram payudara, tes untuk mendeteksi kanker. Pemeriksaan payudara sendiri penting dilakukan sebagai bentuk deteksi dini kanker payudara.
Foto:

Sebagian ahli tidak lagi merekomendasikan pemeriksaan payudara sendiri karena sejumlah alasan terkait efektivitasnya. Namun, ada yang masih menyarankannya agar kaum hawa tetap waspada terhadap kanker payudara dan mendeteksi perubahan pada payudara.

Asisten profesor di Grossman School of Medicine, New York University (NYU), Janet Yeh, menganjurkan pemeriksaan rutin dengan penyedia perawatan primer atau ginekolog. Setelah itu, perempuan bisa memeriksanya sendiri.

Kepala situs onkologi bedah payudara di NYU Langone Hospital itu mencontohkan pemeriksaan payudara bisa dilakukan saat menonton TV, berdiri di depan cermin, mandi, atau sambil berbaring di tempat tidur. Semua orang mungkin melakukannya dengan sedikit berbeda, namun itu bukan masalah.

Angkat lengan kiri saat memeriksa payudara kiri dan angkat lengan kanan untuk payudara kanan. Pastikan juga untuk memeriksa ketiak. Beberapa orang mungkin menggunakan ujung jari dengan gerakan berputar-putar kecil, sementara lainnya membuat bentuk bintang.

"Saya suka merasakan dengan telapak tangan dan jari saya dengan melakukan gerakan menyeka. Saya menganggap payudara sebagai jam dan menyeka di sekitar titik tengah lalu menekannya," tutur Yeh, dikutip dari laman Huffington Post, Rabu (5/10/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement