Senin 03 Oct 2022 14:23 WIB

Anggota Keluarga Ada yang Demensia? Begini Cara Tepat Merawatnya

Keluarga diingatkan untuk bersikap lembut dan menghormati orang dengan demensia.

Demensia (ilustrasi). Keluarga yang merawat orang dengan demensia perlu membuatkan jadwal aktivitas harian yang teratur.
Foto: Piqsels
Demensia (ilustrasi). Keluarga yang merawat orang dengan demensia perlu membuatkan jadwal aktivitas harian yang teratur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang dengan demensia memerlukan perawatan yang teratur. Perawat di RS Universitas Indonesia, Hesti Rahayu,  mengatakan perawatan dilakukan setiap hari melalui jadwal activity daily living.

Menurut Hesti, dengan menyusun jadwal kegiatan sehari-hari, perawat dapat mengondisikan orang dengan demensia hidup lebih teratur. Jadwal ini meliputi aktivitas seperti mandi, berpakaian, dan makan.

Baca Juga

"Sebaiknya aktivitas harian itu dilakukan pada waktu yang sama," kata Hesti melalui keterangan tertulis RS Universitas Indonesia (RSUI), Ahad (2/10/2022).

Keluarga yang merawat juga perlu memberikan bantuan pada orang dengan demensia untuk menulis hal-hal yang ingin dilakukan pada kegiatannya. Selain itu, rencanakan aktivitas yang disukai pengidap demensia.

 

"Lakukan pada waktu yang sama setiap harinya seraya mempertimbangkan sistem pengingat yang membantu mengingatkan jadwal minum obat," ujar Hesti.

Menurut Hesti, orang dengan demensia dapat saja mengalami penurunan fungsional dan kesulitan melakukan aktivitasnya. Para caregiver dapat membantu mereka dengan tetap menyertakan pasien semaksimal mungkin.

"Hal ini bertujuan untuk membantu melatih kembali fungsionalnya," tutur Hesti.

Lebih lanjut, Hesti mengingatkan agar anggota keluarga bersikap lembut dan menghargai orang dengan demensia. Ia menjelaskan terdapat hal yang bisa dilakukan untuk perawatan pada perubahan komunikasi dan perilaku orang dengan demensia, yaitu dengan memahami suasana hatinya, mempertahankan benda atau foto yang disayangi, dan mengingatkan kembali siapa kita dengan memberikan informasi.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement