Senin 26 Sep 2022 17:43 WIB

Buat Anda yang Suka Bertanya 'Anaknya Kok Cuma Satu?', Ini Penjelasan Psikolog

Pasangan suami-istri yang memilih untuk tak memiliki anak juga kerap ditanya-tanya.

Ibu dan bayinya. Menurut psikolog, memiliki hanya satu atau tidak sama sekali (childfree) bukanlah sebuah tren baru di kalangan generasi milenial. Itu adalah pilihan.
Foto:

Menurut Nirmala, harus ada alasan yang jelas mengapa suami-istri memilih childfree. Akan salah jika memilihnya karena tren.

"Kita memilih childfree dengan berbagai pertimbangan yang disepakati kedua belah pihak," tuturnya.

Menurut Nirmala, saat ini pasangan generasi milenial diuntungkan dengan banyaknya akses untuk menggali informasi tentang masalah keluarga, anak dan kesehatan mental. Informasi-informasi tersebut dapat membantu pasangan untuk menentukan mana yang terbaik dan cocok untuk dijalani oleh keluarga kecilnya.

Nirmala mengatakan faktor ekonomi, luka pengasuhan masa lalu, dan besarnya tanggung jawab sebagai orang tua merupakan beberapa alasan yang mendasari generasi milenial memutuskan untuk memiliki satu atau dua anak, bahkan childfree atau memilih hidup tanpa momongan. Secara psikologis, generasi ini sadar bahwa tanggung jawab menjadi orang tua tidak mudah.

"Anak sedikit aja, tapi maksimal dalam pengasuhan dengan memberikan pendidikan yang terbaik, memberikan pengasuhan yang terbaik, memberikan kasih sayang yang terbaik yang bisa kita kasih. Sekarang lebih seperti itu sih," ujar Nirmala yang berpraktik di RS Pluit Jakarta Utara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement