Kamis 15 Sep 2022 06:30 WIB

Risiko Kena Kanker di Usia Muda Meningkat, 11 Tanda Ini Perlu Diwaspadai

Ada 14 jenis kanker yang risikonya tampak meningkat pada kelompok usia muda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan muda batuk (Ilustrasi). Batuk, nyeri dada, dan sesak napas merupakan beberapa tanda dan gejala yang mungkin berkaitan dengan kanker.
Foto:

Harapan pengobatan

Sebuah obat eksperimental tampak menunjukkan hasil yang menjanjikan bagi pasien acute myeloid leukaemia. Obat ini berhasil menyembuhkan seorang pasien dengan acute myeloid leukaemia yang sebelumnya diprediksi hanya memiliki harapan hidup sekitar dua bulan.

Pasien bernama Eliana Keeling tersebut mengatakan dia pertama kali terdiagnosis dengan acute myeloid leukaemia pada 2020. Satu tahun setelahnya, kanker yang dia idap sudah memasuki stadium akhir.

Seperti dilansir Mail Online, Keeling berpartisipasi dalam uji klinis untuk sebuah obat baru yang belum memiliki nama resmi. Obat ini diberikan bersamaan dengan azacytidine, yaitu obat suntik yang biasa diberikan untuk pasien leukemia.

Pemberian obat baru tersebut dapat meningkatkan kinerja azacytidine. Pada Desember tahun lalu, Keeling dinyatakan bebas dari kanker.

Kondisi ini memungkinkan Keeling untuk menjalani prosedur transplantasi sumsum tulang. Sejak saat itu, Keeling berhasil mencapai remisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement