Kamis 08 Sep 2022 17:06 WIB

Berapa Umur SpongeBob Sebenarnya? Sungguh di Luar Dugaan

Serial 'SpongeBob SquarePants' telah muncul di TV selama lebih dari 20 tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Perkiraan usia SPongeBob. (ilustrasi)
Foto: Pixy.org
Perkiraan usia SPongeBob. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berapa umur karakter animasi Spongebob Squarepants? Mencari tahu jawaban itu tidak sesederhana kelihatannya.

Umur karakter kartun sering kali menjadi misteri atau bisa sangat rumit. Sebab, sebagian besar karakter tidak menua tidak peduli berapa lama seri mereka aktif dan tidak ada yang pernah mengungkapkan usia mereka.

Baca Juga

SpongeBob SquarePants adalah kasus khusus, karena umur karakter itu telah ditampilkan secara singkat, tetapi logika kartun membuatnya agak membingungkan. SpongeBob dan perusahaannya telah muncul di layar TV di seluruh dunia selama 20 tahun hingga sekarang.

Mereka tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera berhenti. Serial ini sedang menikmati musim ke-13, menjadikannya salah satu serial animasi Amerika yang paling lama berjalan sejak debut 1999. Sejauh ini telah ada 277 episode "SpongeBob SquarePants", serta tiga film.

"SpongeBob SquarePants" bercerita tentang petualangan harian karakter utama di kota bawah laut Bikini Bottom, bersama sahabatnya Patrick Star dan Sandy Cheeks, dan karakter warna-warni lainnya seperti Squidward Tentacles, Mr Krabs, Mrs Puff, dan banyak lagi. Seperti di kebanyakan kartun, logika tidak benar-benar mendapat tempat di "SpongeBob SquarePants", terbukti dengan adegan mereka menembak di bawah air dan karakter meniup gelembung meskipun tidak memiliki gas di paru-paru mereka yang didukung insang. Namun, ada satu detail tentang SpongeBob yang tetap menjadi misteri meskipun telah terungkap yaitu usianya.

Spons laut dapat hidup selama ribuan tahun. Untuk itu, memeriksa silang dengan alam untuk mengetahui usia SpongeBob tidak akan membantu. Dalam serial tersebut, SpongeBob ditampilkan tinggal sendiri, di rumahnya sendiri, dengan siput peliharaannya, Gary. Dia memiliki pekerjaan di Krusty Krab dan menghadiri Sekolah Berperahu Mrs Puff karena tidak bisa mendapatkan SIM-nya.

Dengan semua itu, orang akan berpikir SpongeBob berusia minimal 18 tahun, dengan asumsi undang-undang seputar usia mengemudi dan kepemilikan rumah di Bikini Bottom mirip dengan AS. Berapa umur SpongeBob, dan kapan acara tersebut mengungkapkan usia sebenarnya?

Melansir dari laman Screen Rant, Kamis (8/9/2022), dalam episode "Sleepy Time", SpongeBob yang tampaknya selalu populer diberikan lisensinya yang menunjukkan bahwa ia lahir pada 14 Juli 1986. Episode "No Free Rides" menunjukkan lisensinya sekali lagi dan dengan tanggal lahir yang sama, jadi itu dianggap resmi.

Namun, itu berarti SpongeBob berusia 13 tahun ketika serial tersebut resmi ditayangkan (17 Juli 1999). Jadi dia melamar pekerjaan di Krusty Krab pada usia yang sangat muda dan mendapatkannya. Jika tanggal dan waktu tayang dalam serial ini berkorelasi, dan undang-undang AS berlaku untuk Bikini Bottom, maka SpongeBob tidak akan bekerja secara legal di Krusty Krab pada awal serial, dan Mr Krabs akan mendapat masalah besar.

Itu mungkin bukan pelanggaran, seolah-olah karakter fiksi mana pun cenderung mengabaikan undang-undang pekerja anak demi keuntungan, karena itu adalah Eugene Harold Krabs, bukan rahasia kalau Mr Krabs juga memiliki cerita paling gelap.Mungkin karena usianya tidak cukup cocok, tanggal lahir SpongeBob pun dihapus dari lisensinya yang ditampilkan pada episode-episode berikutnya, sehingga lebih cocok dengan garis waktu mengambang dan logika kartun lama yang bagus di mana karakter tidak pernah menua.

Namun, ada perbedaan antara kemungkinan usia SpongeBob dan gaya hidup serta kepribadiannya. Dia cukup tua untuk hidup sendiri dan memiliki pekerjaan penuh waktu, namun dia sangat tidak dewasa. Adapun ketika dia menghadiri Sekolah Berperahu, dia terlalu gigih dan tidak akan berhenti sampai dia mendapatkan lisensinya. 

Pada akhirnya, usia sebenarnya SpongeBob terbuka untuk diinterpretasikan sendiri. Dia bisa muda, tua, atau awet muda seperti yang diinginkan setiap penonton.

Perlu juga diingat bahwa karakternya jelas tidak menua. Spons laut dapat hidup selama ribuan tahun, tetapi tupai seperti Sandy Cheeks pasti tidak bisa karena hanya memiliki umur rata-rata sekitar enam tahun tergantung pada jenisnya.

Jika tayangan itu terus berjalan selama dua dekade terakhir, SpongeBob akan berteman dengan beberapa generasi keluarga Sandy Cheeks antara tahun 1999 dan musim saat ini. Lebih dari dua dekade telah berlalu sejak itu, dan SpongeBob masih mengudara.

Seperti layaknya anarki dan kegilaan lokasi Bikini Bottom, SpongeBob lebih baik tidak memiliki usia yang pasti. Acara ini terkenal karena tidak masuk akal dan memiliki humor yang menentang logika. Usia yang tidak masuk akal dari juru masak SpongeBob yang tinggal di nanas bawah laut adalah branding untuk kartun tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement