Ahad 04 Sep 2022 00:27 WIB

5 Tanda Paparan Layar Komputer Buat Anda Sakit

Di era teknologi ini, para ahli neurologi menemukan sakit kepala cybersickness.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung mengalami 5G Virtual Reality (VR) selama KTT 5G Thailand 2022 di Bangkok, Thailand, 17 Juni 2022. 5 Tanda Paparan Layar Komputer Buat Anda Sakit
Foto:

Penglihatan Ganda

Terlalu lama menatap layar elektronik atau menggunakan perangkat VR juga bisa memunculkan keluhan penglihatan ganda. Tak jarang, kebiasaan ini juga dapat membuat mata menjadi tegang atau terasa nyeri.

Obat tetes mata untuk mata kering, kompres dingin, mengambil jeda setiap setengah jam, dan menggunakan kacamata penghalau cahaya biru bisa membantu. Akan tetapi, keluhan pada mata sebaiknya diperiksakan ke dokter mata, terutama bila gejala tak kunjung membaik.

Perubahan Detak Jantung

Sebuah studi menemukan cybersickness bisa menyebabkan perubahan pada detak jantung hingga memperlambat waktu reaksi. Selain itu, perubahan pada aliran darah otak juga bisa terjadi ketika seseorang mengalami cybersickness.

Mual atau Vertigo

Ketika keluhan mual atau vertigo akibat cybersickness mulai muncul, beristirahat sejenak sangat direkomendasikan. Vertigo yang muncul bisa jadi merupakan gejala dari gangguan keseimbangan vestibular.

Bila jeda istirahat secara berkala dan pengurangan paparan layar elektronik telah dilakukan namun gejala tak membaik, coba periksakan diri ke dokter. Dokter mungkin akan membantu melatih vestibular atau memberikan terapi untuk kembali menyeimbangkan mata dan bagian dalam telinga. Terkadang, pasien juga membutuhkan obat untuk meringankan gejala sehingga bisa menjalani terapi tanpa terhalang keluhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement