Sabtu 03 Sep 2022 05:00 WIB

Gejala yang Perempuan Alami Beberapa Pekan Sebelum Terkena Serangan Jantung

Laki-laki dan perempuan dapat mengalami gejala yang berbeda sebelum serangan jantung.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi serangan jantung. Tanda-tanda peringatan serangan jantung mungkin berbeda untuk laki-laki dan perempuan.
Foto:

Para ahli berharap bahwa peningkatan kesadaran akan tanda-tanda peringatan akan mencegahnya diabaikan dan dianggap sebagai gangguan kecil lainnya. Kewaspadaan berpotensi menyelamatkan nyawa.

photo
Infografis Lima Tanda tak Biasa Masalah Jantung - (Republika)

Lalu bagaimana cara mencegah serangan jantung? Penelitian secara konsisten menunjukkan empat faktor risiko utama penyakit yang mudah dimodifikasi dengan perubahan gaya hidup yang benar.

Harvard TH Chan School of Public Health (HSPH) menjelaskan bahwa faktor risiko yang dapat dimodifikasi termasuk kebiasaan merokok, aktivitas fisik, dan apa yang dimakan dan minum.

"Faktor risiko lain yang berpotensi dapat dimodifikasi termasuk polusi udara, kebisingan, stres, dan infeksi, meskipun ini tidak mudah dikendalikan secara langsung oleh seseorang," kata HSPH seperti dilansir dari Express, Jumat (2/9/2022).

Semua faktor ini secara langsung memengaruhi beberapa aspek fisiologis kesehatan seperti tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah. Meskipun memiliki satu atau dua faktor risiko ini belum tentu mengakibatkan serangan jantung, semakin banyak faktor risiko yang dimiliki, maka semakin besar pula risikonya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement