Rabu 31 Aug 2022 21:24 WIB

Apa Sebenarnya Bercak Ikonik di Dahi-Kepala Mikhail Gorbachev?

Mikhail Gorbachev terkenal dengan bercak tanda lahir di dahinya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Mendiang eks Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev terkenal dengan bercak ikonik di dahi-kepalanya.
Foto:

Dari beragam perawatan yang bisa dicoba, seperti pembedahan, radiasi, dan tato, terapi laser menjadi perawatan yang paling berhasil dalam menghilangkan tanda lahir. Menurut Mount Sinai Healthcare di New York, Amerika Serikat, itu merupakan satu-satunya metode yang dapat menghancurkan pembuluh darah kecil di kulit tanpa menyebabkan banyak kerusakan pada kulit.

Jenis laser yang tepat yang digunakan tergantung pada usia seseorang, jenis kulit, dan port-wine stain tertentu. Dilansir laman Stuff, Rabu (31/8/2022), sebagian besar bercak port-wine adalah tanda lahir sederhana dan tidak menyebabkan komplikasi.

Hanya saja, menurut rarediseases.org, bercak ini dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah langka yang disebut sindrom Sturge-Weber. Bercak tersebut dapat berkembang menjadi kondisi mata yang disebut glaukoma jika terletak di dekat mata.

"Tanda lahir ini umumnya bertambah besar selama enam hingga 12 bulan pertama kehidupan. Sebagian besar menghilang pada masa kanak-kanak, sehingga pengobatan dengan pembedahan atau laser biasanya tidak diperlukan," kata Siwek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement