Rabu 31 Aug 2022 18:52 WIB

Betulkah Daging Kambing, Kopi, dan Durian Sebabkan Hipertensi?

Konon, daging kambing, kopi, dan durian bisa picu hipertensi.

Daging kambing (ilustrasi). Banyak orang mengira daging kambing, durian, dan kopi dapat menyebabkan hipertensi.
Foto:

Naiknya tekanan darah saat meminum kopi hanya bersifat sementara. Menurut dr Eka, tekanan darah akan kembali turun saat efek kafein mulai hilang dari dalam tubuh.

"Saat berdebar-debar itu biasanya tensi naik. Setelah efek kafeinnya enggak ada akan normal lagi, tapi itu kalau dia enggak hipertensi," kata dr Eka.

Hipertensi memiliki banyak faktor penyebab. Salah satunya adalah tingginya konsumsi garam dan rendahnya asupan kalium. Saat seseorang mengonsumsi makanan asin secara berlebihan, maka tekanan darahnya akan langsung meningkat.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Ras juga memengaruhi tekanan darah seseorang. Orang-orang Asia dianggap lebih sensitif terhadap garam dibandingkan dengan Eropa dan Amerika, bahkan organisasi kesehatan WHO menganjurkan untuk lebih rendah dalam mengonsumsi garam.

"Makanan yang bisa membuat mendadak darah tinggi adalah makanan asin. Orang Asia sangat sensitif kepada garam, ini ada dari faktor genetik dan ras. Satu lagi yang dapat menyebabkan hipertensi adalah konsumsi kalium yang rendah," kata dr Eka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement