Rabu 31 Aug 2022 16:31 WIB

Tipe Kepribadian Ambiver, Anda Punya Ciri-cirinya?

Banyak orang ambiver tidak menyadari tipe kepribadiannya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Orang membawakan diri sesuai dengan tipe kepribadiannya (ilustrasi). Di antara introver dan ekstrover, ada ambiver.
Foto:

Meskipun memiliki hal terbaik dari kedua dunia kepribadian, Lockwood memperingatkan bahwa orang mungkin berjuang dengan ketidakmampuan untuk menempatkan ambiver dengan pas. "Orang-orang dapat salah memahami ambiver karena mereka mungkin berpikir bahwa mereka bertindak secara berbeda dalam situasi yang berbeda, seperti bunglon sosial," ujar dia.

Jika Anda seorang ekstrover, Anda mungkin sudah dalam proses menjadi seorang ambiver. Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang menjadi lebih tertutup seiring bertambahnya usia. Psikolog menyebut fenomena ini sebagai pematangan intrinsik, yang berarti kepribadian kita melunak seiring bertambahnya usia.

"Otak kita sepenuhnya berkembang sekitar usia 25 tahun, namun kepribadian dapat dibentuk dan penelitian baru-baru ini menemukan mereka tetap demikian sampai usia 66 tahun," kata Trent.

Trent mengatakan pemodelan dan emulasi dapat memainkan peran penting bagi ekstrover dan introver yang ingin membuat perubahan. Jika Anda mengenal seseorang yang memiliki lebih banyak sifat dan karakteristik yang Anda inginkan, maka tidak apa-apa untuk mengingatnya dan memikirkan bagaimana mereka akan menangani suatu situasi.

"Akan berguna untuk menghabiskan waktu berbicara dengan mereka atau mendengarkan mereka sampai Anda telah menginternalisasi atribut yang Anda cita-citakan," ujar Trent.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement