Jumat 19 Aug 2022 05:24 WIB

9 Masalah Kuku Ini Bisa Jadi Ada Kaitannya dengan Penyakit Tiroid

Gejala tiroid dapat terlihat di kuku.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Jari (ilustrasi). Kuku dapat memberi petunjuk kemungkinan gejala gangguan tiroid.
Foto:

8. Pitting

Pitting adalah istilah untuk penyok pada kuku, mulai dari seukuran peniti jarum, hingga ujung krayon. Selain jarang menjadi gejala tiroid yang kurang aktif, ini juga terlihat pada alopecia, eksim, dan psoriasis.

9. Clubbing

Bentuk yang tidak umum dari tiroid yang terlalu aktif adalah clubbing fingers. Ini terjadi pada sekitar satu persen orang dengan penyakit Grave - penyebab utama tiroid yang terlalu aktif.

Alasan ini terjadi karena pasien yang memiliki penyakit Graves, yang merupakan penyakit autoimun, membuat antibodi anti-tiroid.

“Antibodi itu sebenarnya bisa mengikat keratinosit, sel endotel, sel lemak, sehingga membuat lebih banyak asam hialuronat dan glikosaminoglikan lainnya. Itu menyebabkan pembengkakan jaringan di sekitar kuku dan apa yang tampak seperti clubbing,” kata dr Suarez.

Clubbing fingers dapat disebabkan oleh banyak kondisi seperti cystic fibrosis, penyakit jantung, penyakit Crohn's, dan lainnya. Tapi kanker paru-paru bertanggung jawab untuk sekitar 80 sampai 90 persen kasus clubbing fingers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement