Ahad 14 Aug 2022 06:48 WIB

Bisakah Virus Cacar Monyet Menyebar Lewat Pakaian?

Cacar monyet bisa menyebar pada siapa saja yang melakukan kontak erat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Foto yang dipasok CDC pada 1997 memperlihatkan kulit lengan kanan dan dada seorang pasien ditumbuhi lesi cacar monyet. Selama lesi masih ada, pasien cacar monyet masih bisa menularkan penyakitnya.
Foto:

Jika tinggal dengan seseorang yang sudah terinfeksi monkeypox, sebaiknya cuci handuk dan tempat tidur secara teratur. Pakar vaksinasi telah merekomendasikan agar pria gay dan biseksual yang berisiko lebih tinggi terkena cacar monyet ditawari vaksin cacar Imvanex.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

Dalam beberapa pekan terakhir, para ilmuwan mengatakan gejala kulit baru telah diidentifikasi. Semula, gejala umum yang diketahui meluas dari penyakit cacar monyet termasuk demam yang dibarengi pembengkakan kelenjar getah bening.

Tinjauan baru terhadap 185 kasus yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology menemukan sebaliknya. Petugas medis kini telah menyatakan bahwa tanda-tanda paling umum dari wabah ini adalah pustula semu yang langka.

Pustula merupakan jenis jerawat berupa benjolan kecil yang berisi nanah atau cairan. Akan tetapi, tanda cacar monyet yang diungkap studi hanya menunjukkan pustula semu. Bentuknya mirip dengan pustula, dengan perbedaan utama warna putih dan tekstur padat, dikutip dari laman The Sun, Ahad (14/8/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement