Selasa 02 Aug 2022 13:24 WIB

Eye Floaters Terasa Sangat Mengganggu Penglihatan, Haruskah Dioperasi?

Eye floaters dapat mengganggu penglihatan dan memengaruhi kualitas kehidupan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata (Ilustrasi). Penderita eye floaters dapat merasakan kesulitan membaca, mengemudi, bahkan untuk sekadar melihat langit yang cerah.
Foto:

Seberapa mengganggu eye floaters?

Biasanya, orang akan mengabaikannya, tetapi sebagian kecil pasien merasa eye floaters sangat mengganggu. Hal itu karena gangguan yang dirasakan sangat persisten.

"Bisa jadi ukuran floaters-nya besar dan posisinya lebih ke tengah," kata Bakri.

Rasa terlalu mengganggu bisa saja terkait dengan kepribadian atau pekerjaan penderitanya. Bakri menyebut, mereka mungkin memiliki kebutuhan yang lebih tinggi untuk penglihatan yang lebih tepat. Akan tetapi, kondisi ekstrem untuk eye floaters cukup jarang ditemukan.

Apa pengobatan untuk eye floaters?

Bakri mengambil pendekatan konservatif dalam hal pengobatan. Saran utamanya adalah belajar mengabaikan floaters, tetapi jika penderita bersikeras bahwa masalahnya benar-benar tidak dapat ditoleransi, maka mereka harus menerima risiko dan manfaat menghilangkan floaters.

Pilihan yang paling pasti adalah operasi vitrektomi. Pasien akan menerima anestesi lokal untuk mematikan syaraf mata dan dokter kemudian membuat sayatan kecil untuk menghilangkan semua gel vitreous dan menggantinya dengan larutan garam yang seimbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement