Rabu 20 Jul 2022 01:30 WIB

Popcorn Lung Mengintai Pengguna Vape, Kerusakannya Permanen

Popcorn lung merupakan kerusakan yang bersifat permanen di saluran napas.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Vape dengan perasa sudah mulai dilarang penjualannya di sebagian negara bagian Amerika. Juga dilarang di Jepang dan India. Vape dapat memicu popcorn lung.
Foto:

Popcorn lung bersifat tidak dapat dipulihkan dan kronis. Pengobatan hanya membantu memperlambat perkembangan penyakit dan mengurangi keparahan gejala.

"Jika penyakit itu disebabkan oleh menghirup bahan kimia berbahaya, penting untuk mengurangi paparan bahan kimia itu dan racun lainnya," tulis lembaga itu lebih lanjut.

Perawatan biasanya melibatkan penggunaan kortikosteroid yang bekerja dengan menekan sistem kekebalan untuk meredam peradangan. Dokter akan merekomendasikan penggunaan inhaler dan steroid yang diresepkan.

Cancer Research UK juga mengatakan kemungkinan hubungan popcorn lung terkait dengan bahan kimia yang disebut diacetyl. Beberapa cairan dalam rokok elektrik mengandung diacetyl.

"Di Inggris, diacetyl dilarang dalam cairan rokok elektrik di bawah EU Tobacco Products Directive (TPD) pada 2016," tulis lembaga itu.

Cairan vape yang sekarang dijual di Inggris seharusnya tidak mengandung diacetyl. Lembaga itu melaporkan rokok elektrik atau vape di Inggris tidak menyebabkan kondisi paru-paru yang dikenal sebagai popcorn lung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement